LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Kuker didesa Yondeliu Patani, Kasad TNI Sebut Orang Maluku Utara Mempunyai Panglima Perang Yang Hebat

Rabu, 7 Februari 2024 | 10:09 am
Reporter: S. Alkatiri
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 283

HALTENG,Liputan-Malut.com- Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI didampingi ketua umum Persit Kartika Candra Kirana Paulina Pandjaitan melakukan kunjungan kerja di desa Yondeliu, Kecamatan Patani Kabupaten Halmahera Tengah Selasa (06/02/2024).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal (Letjen) Muhammad Saleh Mustafa, Dandim 1512/Weda, PLT Gubernur Maluku Utara. Ir. M Al Yasin Ali, PJ Bupati Halteng, Kapolres Halteng, Ketua DPRD Halteng, personil Kodim Weda, Anggota Polres Halteng, para pimpinan OPD, dan masyarakat Halteng. 

Kehadiran Kasad Jenderal Maruli Simanjuntak di desa Yondeliu Kecamatan Patani, dalam rangka melakukan Kick Off TNI AD Manunggal Air, yakni meresmikan 1.898 titik air yang telah dilaksanakan oleh TNI-AD tersebar diseluruh Indonesia.

Program TNI Manunggal Air itu diberi bantuan berupa penyediaan air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan seperti  bantuan sumur bor, tower air, tandon dan instalasi menuju rumah warga. Di wilayah Patani sendiri ditargetkan akan dibangun 20 titik sesuai hasil survei geostatis untuk mencari keberadaan sumber air dan hingga saat ini baru selesai 6 titik dan akan terus dikerjakan.

Dalam sambutannya, Jenderal TNI Maruli mengaku sangat bangga bisa hadir di Patani. “Saya bangga sekali bisa hadir disini. Program TNI Manunggal Air ini juga disertakan beberapa program utama di TNI AD yaitu mengenai air bersih, membuka lahan dan juga alam serta pengamanan sampah dan lainnya,” ucap Maruli.

Maruli mengaku ketersediaan air bersih bagi masyarakat sangat penting ia yakini salah satu penyebab kemiskinan dan stunting adalah kendala air bersih, Stunting itu identik dengan air bersih, sehingga komitmen menjalankan pengadan air bersih untuk masyarakat,” tandanya.

Dijelaskan Halteng dipilih sebagai titik Kick Off TNI Manunggal Air, lantaran Pemerintah Daerah dan pihak perusahan berkerjasama dengan TNI. Olehnya semua pangdam, teman-teman kepolisian, sama-sama mengawal. Paling tidak negara yang subur ini jangan sampai ada kendala tentang air bersih,” Ucapnya.

Pihaknya banyak berdiskusi dengan PJ Bupati Halteng, jika hal ini dikerjakan di darah-daerah, dirinya yakin peningkatan perekonomian masyarakat akan meningkat. Untuk itu masyarakat bisa menyiapkan pangannya sendiri jadi nilai jual akan berputar di masyarakat dan harga bisa stabil. Untuk itu kita bisa kerjakan, tapi tanpa kerjasama semua unsur akan susa dilaksanakan. Mudah-mudahan Halteng menjadi contoh bagi daerah yang lain,” tuturnya.

Sementara Plt. Gubernur Maluku Utara M. Al Yasin Ali dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pemprov Malut mengucapkan selamat datang KASAD bersama istri di Maluku Utara khususnya di desa Yondeliu, Kecamatan Patani, Kabupaten Halmahera Tengah. Yasin mengatakan sumber air bersih dan sanitasi layak adalah kebutuhan dasar manusia. Salah satu dalam tujuan pembangunan berkelanjutan dalam sektor lingkungan hidup adalah kesediaan air bersih dan sanitasi.

“Hari ini sama-sama kita saksikan di desa Yondeliu dalam rangka mendukung program yang digagas TNI AD. Gagasan Manunggal Air ini adalah bentuk dari kepedulian TNI AD kepada masyarakat yang tinggal di wilayah yang rentan krisis air TNI AD hadir ditengah-tengah masyarakat untuk mengatasi kesulitan dengan memberikan solusi yang tepat,” katanya.

Mantan Bupati Halteng dua periode ini mengaku sangat mendukung apa yang dilakukan oleh KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak saat ini, karena tidak hanya melahirkan program Manunggal Air tetapi banyak program TNI yang tepat sasaran yang bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal jauh dari perkotaan. Oleh karena itu dirinya  berharap dengan adanya program ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan dijaga serta dirawat agar penggunaan fasilitas air bersih dapat dirasakan semua elemen masyarakat,” tuturnya.

“Saya apresiasi dan terimakasih kepada KASAD dan seluruh anggota TNI yang telah menjadikan Halteng sebagai salah satu fokus pembangunan melalui program ini,” pungkasnya.

Jenderal TNI Maruli melakukan penanaman pohon dan pohon yang ditanam adalah pohon mangga. Selain itu juga Maruli membuka keran air sebagai tanda Kick Off TNI Manunggal Air. Tak itu saja, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyampaikan bahwa agenda kunjungan di Patani dirinya didampingi Pangkostrad Letjen Muhammad Saleh Mustafa yang juga putra daerah Maluku Utara khususnya putra Patani. “Pangkostrad ini putra asli Maluku Utara dan neneknya orang Patani, Maruli juga menyampaikan anggotanya Pangkostrad sebanyak 30.000 orang lebih. Perlengkapan tempur juga yang paling lengkap. “Jadi secara sejarah orang Maluku Utara ini mempunyai panglima perang yang hebat hebat,” katanya. (Red)

Berita Lainnya