LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Wabup Halmahera Utara Lepas 100 CJH Menuju Kota Ternate

Jumat, 17 Mei 2024 | 7:32 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 118

HALUT, Liputan-Malut.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) melepas 100 Calon Jamaah Haji (CJH) Halut menuju ke Ternate. Pelepasan 100 CJH dilakukan langsung Wakil Bupati Halut Muchlis Tapi Tapi bertempat didepan Kantor Bupati Halut Desa Gamsungi Kecamatan Tobelo pada Jumat (17/05/2024).

Turut Hadir pada kesempatan tersebut, Dandim 1508/Tobelo, Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait, Kepala Kejaksaan Negeri Halmahera Utara, Ahsan Thamrin, Kabag OPS Polres Halmahera Utara, Kompol Johanis Setiawan Aipipidely, para pimpinan OPD lingkup Pemkab Halmahera Utara. turut dihadiri ratusan keluarga calon jemaah haji yang menyaksikan sekaligus melepas para jamaah Calon Haji.

Wakil Bupati Halut Muchlis Tapi-Tapi, Dalam sambutannya mengatakan, Berdasarkan amanah Undang Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang tentang penyelenggaraan ibadah Haji dan Humrah, maka pemda memiliki kewajiban untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada Jemaah Haji.

“tiga kewajiban ini harus didapatkan oleh setiap Jemaah Haji sejak Jemaah Haji terdaftar sebagai CJH sampai kembali ke tanah air.” ucapnya.

Pada Musim Haji tahun ini lanjut Wakil Bupati mengatakan bahwa yang perlu menjadi perhatian Jamaah Calon Haji yaitu terkait cuaca di wilayah makkah dan sekitarnya, yang menghadapi kondisi cuaca yang ekstrim yaitu musim panas terik sekitar 30-39 derajat celsius di Arab Saudi.

“saya menghimbau para Jemaah agar mewaspadai anomali cuaca dan memperhatikan kondisi kesehatannya dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.” Ungkapnya.

Muchlis mengatakan, Pemda Halut melalui APBD kembali menanggung dan memfasilitasi serta menanggung pemberangkatan dan pemulangan Jamaah Haji, mulai dari biaya transpor pergi-pulang dari Halmahera Utara menuju Ternate – Asrama Sudiang Makasar, lengkap beserta penyediaan makanan dalam perjalanan.

“Tentunya Keberpihakan Pemda ini mungkin belum seberapa besarnya, namun dibalik itu ada niat dari kami selaku kepala pemerintahan untuk sedikit meringankan beban saudara-saudara agar dapat lebih bersemangat dalam menunaikan Ibadah Haji.” terangnya.

Untuk itu, Melalui kesempatan ini pula, Muchlis berharap keberangkatan 100 orang para Jemaah Calon Haji Kabupaten Halmahera Utara selain untuk fokus melaksanakan berbagai rukun haji, juga diharapkan mampu bertindak sebagai duta-duta bangsa dan duta Halmahera Utara.

Kabupaten Halmahera Utara melepas CJH sebanyak 100 orang Jemaah Haji, dengan pembagian berdasarkan kecamatan di kabupaten Halmahera Utara Yakni: Kecamatan Tobelo 21 orang, Kecamatan Tobelo Utara 5 Orang, Kecamatan Tobelo Barat 7 orang’, Kecamatan Tobelo tengah 1 orang, kecamatan Galela 6 orang, kecamatan Galela barat 7 orang, kecamatan Galela selatan 8 orang, kecamatan Galela Utara 11 orang, kecamatan malifut 22 orang’, kecamatan Kao Teluk 4 orang, kecamatan Kao 1 orang, kecamatan Utara 1 orang, kecamatan Kao barat 3 orang, kecamatan loloda kepulauan 3 orang. Dengan rincian jumlah kaki kaki 38 orang dan perempuan 62 orang. (Willy)

Berita Lainnya