LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Aktif dan Kontributif untuk Pendidikan Provinsi Malut, NHM Gelar ‘Pasiar’ ke Kampus UMMU Ternate

Sabtu, 6 Juli 2024 | 1:31 am
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 48

HALUT, Liputan-Malut.com – Program rutin tahunan PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) yaitu “NHM Pasiar ke Kampus” atau biasa dikenal dengan “NHM Goes to Campus”, kembali menyambangi salah satu kampus terkemuka di Ternate, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU). Wakil Presiden Direktur NHM, Amiruddin Hasyim, dengan hangat menyapa seluruh mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Pertambangan dalam acara yang diselenggarakan pada 29 Juni 2024 di Auditorium Kampus UMMU Ternate.

Acara dihadiri Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Husaen Salahu, ST.,MT, Kepala Program Studi (Kaprodi) Jurusan Teknik Pertambangan UMMU Ternate, Aliyusra Jolo, ST. MT, dosen dan 300 mahasiswa Teknik Pertambangan. Sementara perwakilan NHM hadir pula Kepala Divisi Pengembangan Berkelanjutan Departemen Kinerja Sosial dan Urusan Regional (KS-UR) Irwan Malaka dan perwakilan tim Komunikasi NHM Glen H. Tasane.

Amiruddin menyampaikan materi bertema “Membangun Masa Depan Mahasiswa Teknik Pertambangan Hari Ini”, yang memiliki tujuan besar ingin mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan siap menghadapi berbagai tantangan pekerjaan di masa depan.

“Melalui acara ini, NHM sebagai praktisi memberikan kiat-kiat mitigasi risiko yang berpotensi menghentikan studi Mahasiswa, seperti terjerat Narkoba dan lainnya. Kami juga fokus pada upaya peningkatan soft skill dan hard skill, atau bahkan kombinasi keduanya, agar mereka bisa siap dilatih secara profesional, terutama dalam mendalami profesi di dunia pertambangan terutama di wilayah Maluku Utara (Malut),” ujar Amiruddin, melalui rilis dari Departemen Komunikasi, Jumat (05/07/2020)

Seluruh rangkaian acara sukses terlaksana dengan sangat baik, dan berhasil mengundang antusiasme dari mahasiswa yang hadir untuk berdiskusi bersama. Kaprodi Jurusan Teknik Pertambangan UMMU Ternate, Aliyusra Jolo menyampaikan apresiasinya atas perhatian perusahaan, terutama kepada Presiden Direktur NHM Bapak H. Robert Nitiyudo Wachjo yang sangat aktif dan kontributif terhadap keberlangsungan pendidikan di Provinsi Malut.

“Sebagai pimpinan Prodi, bagi saya sinergi kampus dan Perusahaan ini menjadi sangat penting, ditambah mahasiswa kini harus terus mengasah diri dan menyesuaikan dengan era globalisasi 5.0. Sudah selayaknya pimpinan di kampus terus mempererat sinergi dengan NHM sebagai perusahaan tambang untuk menjawab kebutuhan pasar, terutama keinginan industri pertambangan sehingga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan SDM bidang pertambangan. Mengingat Malut merupakan tanah yang sangat kaya dengan hasil tambang, dan diharapkan bisa terus dikelola oleh putra-putri daerahnya sendiri di masa depan,” ujar Aliyusra.

Sementara itu dari kacamata mahasiswa, mereka memiliki semangat luar biasa untuk terus mendalami dunia tambang dari para praktisinya. Hal ini disampaikan Moh. Rizal Ali Kapal, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan UMMU Ternate.

“Saya mewakili seluruh mahasiswa berterimakasih kepada NHM untuk kegiatan ini. Outputnya sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa tambang, karena walaupun kami belum pernah turun ke perusahaan, kami bisa langsung belajar dari para praktisi yang sangat berkompeten. Untuk itu kami harap ke depannya mahasiswa Tambang UMMU bisa berkesempatan belajar lebih lanjut bersama NHM. Sebagai mahasiswa yang mayoritas putra putri daerah Malut, kami harapkan bisa terlibat di berbagai pengembangan penelitian Pertambangan, terutama membangun relasi dan bisa bekerja sama baik di NHM maupun perusahaan-perusahan lain di Malut,” pungkasnya. (Willy)

Berita Lainnya