LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

NHM Serahkan Hasil Penanaman di Area Rehabilitasi DAS 1 ke KLHK

Senin, 10 April 2023 | 12:27 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 350

HALUT, Liputan-Malut.com – PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) telah menyerahkan hasil penanaman di area rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) 1  NHM kepada Direktur Jenderal Pengelolaan DAS & Rehabilitasi Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) Ir. Dyah Murtiningsih. Penandatanganan penyerahan hasil penanaman di area DAS I dilaksanakan tanggal 1 Maret 2023 di kantor pusat Kementerian Kehutanan di Gedung Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta.

Hadir langsung pada penyerahan tersebut mewakili Perusahaan adalah Direktur NHM Ir. Yudi Agus Susanto, Manajer Government Relations & Permitting Jeffry Butarbutar, Superintendent Government Relations & Permitting Sukadi Handono serta secara online dihadiri Manajer Environment Bowo Budileksono, Supervisor Reklamasi Agus Zaenal, Superintendent Environment Rosmini Djufry, dan Senior Officer Iksan Kurung.

Departemen Komunikasi melaui website resmi PTNHM, Minggu (09/04/2023) mengatakan, bahwa Area rehabilitasi DAS yang dilaporkan seluas 1.579,70 Ha pada Kawasan Hutan Lindung dan Kawasan Hutan Produksi berada di Kecamatan Kao Teluk, di wilayah Kabupaten Halmahera Utara dan Kabupaten Halmahera Barat, serta seluas 128,46 Ha pada Areal Penggunaan Lain di Kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Hal ini adalah untuk pemenuhan kewajiban IPPKH Nomor SK.311/Menhut-Il/2009 tanggal 29 Mei 2009, Nomor SK.19/Menhut-II/2012 tanggal 20 Januari 2012, dan Nomor SK.20/Menhut-II/2012 tanggal 20 Januari 2012.

Di area rehabilitasi DAS 1 NHM ini ditanam beragam tanaman bernilai ekonomis seperti pohon pala, cengkih, durian, rambutan, dan sebagainya. Pengembangan area ini juga melibatkan masyarakat sekitar melalui kelompok tani yang bisa langsung mengelola dan memanen hasil tanam. Hal ini diharapkan bisa membantu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat sambil menjaga lingkungan tetap asri, hijau dan sehat. (Willy)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by