LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Wakili Bupati Halut, Asisten I Buka Kegiatan Forum Konsultasi Publik dan Advokasi Pemerintah Daerah lintas Sektor

Rabu, 24 April 2024 | 11:32 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 114

HALUT, Liputan-Malut.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) mengelar kegiatan Forum konsultasi publik dan advokasi Pemerintah Daerah dan lintas sektor. Thema dalam kegiatan ini “Komitmen dan sinergitas dalam peningkatan pengawasan obat dan makanan di Kabupaten Halmahera Utara” dilaksanakan di Balroom Marahai Park hotel, Rabu (24/04/2024).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Bupati Halut yang di wakili asisten I, Drs F.N Sahetapy S.I.P.,MH, Kapolres Halmahera Utara AKBP Zulfikar Iskandar S.I.K, Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Rusmin Nuryadin, Kajari Halut Muhamad Ahsan Tamrin S.H.M.H, Staf Ahli Bupati Bidang SDM, Pendidikan dan Kemasyarakatan Drs Wenas Rompis, Kepala loka Pom pulau Morotai Salman Fariesy S.Farm, Apt, Kasad Pol PP Halut M.Kacoa dan para pimpinan OPD.

Kelapa Loka Kabupaten Pulau Morotai Salman Fariesy dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan Forum Advokasi Pemda dan Lintas Sektor ini, adalah Upaya perlindungan masyarakat Halut dari Obat dan Makanan yang beresiko terhadap kesehatan tidak akan berjalan secara optimal apabila Loka POM Morotai hanya berperan seorang diri.

Oleh karena itu Salman mengatakan, dibutuhkan kesamaaan langkah dan dukungan dari seluruh stakeholder, termasuk peran aktif dari Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pengawasan yang prima dan berkelanjutan agar masyarakat terlindungi dari Obat dan Makanan ilegal yang berisiko terhadap kesehatan.

“pengawasan obat dan makanan tidak hanya bertujuan untuk menekan peredaran obat dan makanan Ilegal, namun juga menumbuhkan dan memberdayakan pelaku usaha di sektor Obat dan Makanan” jelasnya.

Salman juga mengatakan, dari pertemuan ini pemerintah daerah akan bersinergi satu visi dan satu misi melakukan pengawasan dan pembinaan demi melindungi masyarakat Kabupaten Halmahera Utara dari konsumsi obat dan makanan yang berbahaya.

“Salah satu output kegiatan ini yaitu tersusunnya rekomendasi dan rencana aksi bersama seluruh lintas sektor dalam rangka pengawasan obat dan makanan.” katanya.

Sementara itu, Bupati Halut,  yang di wakili Asisten I Bupati Drs F.N Sahetapy, dalam sambutannya mengatakan, Pengawasan obat dan makanan merupakan salah satu agenda pembangunan nasional bidang kesehatan yang strategis dalam upaya perlindungan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta mendukung percepatan pencapaian tujuan pembangunan nasional.

“Peran pemerintah daerah sangat penting sebagaimana yang diamanahkan melalui permendagri no 41 tahun 2018 tentang peningkatan koordinasi pembinaan dan pengawasan obat dan makanan di daerah,” terangnya.

Karena itu diharapkan melalui kegiatan ini diharapkan dapat menyelaraskan tugas dan fungsi antara bpom, pemerintah daerah dan lintas sektor lainnya dalam upaya meningkatkan efektivitas pengawasan obat dan makanan di kabupaten halmahera utara.

“dengan kegiatan ini kita tingkatkan pengetahuan tentang pentingnya keamanan obat dan makana dengan keterlibatan pemerintah daerah dalam pembinaan dan pengawasan,” harapnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan SK Tim kordinasi peningkatan pengawasan obat dan makanan (TKPPOM) dan SK Tim percepatan penurunan Stunting ke pada Kepala Loka Pom Kabupaten Pulau Morotai. (Willy)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by