LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Samud Taha Buka Farmer Field Day Kerjasama Dinas Pertanian Halut Dengan Yayasan Bina Tani Sejahtera

Selasa, 23 April 2024 | 6:40 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 159

HALUT, Liputan-Malut.com – Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) melalui Dinas Pertanian menggelar kegiatan Farmer Field Day / Gelar Teknologi Tanaman Sayur Bersama Yayasan Bina Tani Sejahtera, pada Senin (22/04/2024) yang berlokasi di kebun milik Andri Aswad desa Kira kecamatan Galela Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten III Bidang Perekonomian Dan Bidang Pembangunan Samud Taha, Kadis Pertanian Piet Hein Onthony, SP., Camat Galela Barat Abdul Wadud Umar Show, Ketua Yayasan Bina Tani Sejahtera Fahri badjak dan Kades Kira Murid Shouw.

Camat Galela Barat Abdul Wadud Umar Show dalam Sambutannya, mengatakan, Dengan adanya Yayasan Bina Tani Sejahtera kita harus merawat tanaman yang ada sehingga saat panen bisa terjangkau harganya.

“Kelompok Tani yang ada di desa Kira ini harus kalian membuat proposal sehingga ada data di setiap kelompok Tani agar mudah di turunkan atau di salurkan dana kepada para tani yang membutuhkan” kata Camat Galela Barat.

Sementara itu, Kadis Pertanian Piet Hein Onthony, dalam sambutannya menyampaikan, kelompok tani ini mungkin sudah tau cara pemupukan dasar, daun, batang, dan buah, sehingga tanaman yang kalian miliki sekarang ini dapat terlihat subur dan buahnya agak lumayan banyak.

Piet Hein juga, menginginkan pemudah yang ada di desa kira ini yang mengelola lahan tersebut, sehingga bisa membuktikan kepada masyarakat desa kira bahwa anak muda bisa mengerjakan kelompok tani.

“pemuda adalah Ujung tombak dari  desa Kira itu di harapkan dari saya” katanya.

Selain itu Piet hein juga, berharap proposal yang di naikan ke atas dan sudah di turunkan ke tiap kelompok tani agar dapat di pergunakan dengan baik, sehingga Kata Piet, ke depan juga pemerintah bisa mengeluarkan proposal atau bantuan kepada kalian pun tidak di ragukan lagi dan akan secepatnya di salurkan dana untuk kepentingan pertanian.

“Saya minta Kalian membuat perkebunan di atas lahan orang harus memiliki surat pernyataan lewat camat, kades, pemilik lahan dan membuat surat yang bermeterai sehingga kita pun memberi dana pertanian kepada mereka tidak terhambat dalam apapun” Pintanya.

Terpisah Asisten III Bidang Perekonomian Dan Bidang Pembangunan Samud Taha, mengatakan, pertemuan pemerintah daerah, petani dan Camat serta masyarakat yang ada sekarang ini kelompok tani atau masyarakat harus tau, bahwa bibit dan pupuk yang harus di beli itu pupuk ber merek apa sehingga tanaman dapat tumbuh dengan subur

Namun kata Samud, Apabila kelompok tani ada punya cara yang membuat tanaman tumbuh lebih subur maka tunjukan caranya ke pada petani yang lain, jangan pelit dengan cara yang kalian pakai sehingga kalian semua bisa menghasilkan banyak di saat panen dan memuaskan hasilnya.

“Kami sebagai pemerintah daerah sangat mengapresiasi dengan hasil yang kalian olah ini, semoga dengan hasil yang kalian olah ini dapat bermanfaat untuk kalian semua” pungkasnya. (Willy)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by