LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

DPMD Halsel Gelar Sosialisasi Pilkades dan Bimtek

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:15 pm
Reporter: Julhaidir Tuahuns
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 219

HALSEL,Liputan-Malut.com Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halmahera Selatan. Melaksanakan sosialisasi Pilkades dan bimbingan teknis (Bimtek) kepada panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap I di zona 8 wilayah Bacan Kabupaten Halmahera Selatan. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala DPMD Halsel, Maslan Hi Hasan, terpusat di gedung Serbaguna Desa Labuha, Kecamatan Bacan Sabtu. (21/05/2022).

Maslan berharap kepada peserta bimtek (Panitia pilkades), menjalankan tahapan secara integritas, bermoral dan sunguh-sungguh mengabdi untuk kepentingan masyarakat.

“Diharapkan panitia Pilkades, memiliki integritas, bermoral dan menjalankan tugasnya dengan amanah untuk kepentingan masyarakat, setiap peserta Bimtek Pilkades di 72 desa yang tersebar di 12 Kecamatan wilayah Bacan, dapat bekerja dengan baik dalam suksesi Pilkades serentak 2022.

Sementara ketua panitia Kabupaten, Faris Madan menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai Perbub nomor 10 tahun 2022 dan SK Bupati tentang pembentukan panitia Bimtek pilkades tahap I tahun 2022. Menurutnya tujuan (Bimtek) untuk meningkatkan kualitas SDM bagi Panitia Kabupaten, Panitia Kecamatan, sampai dengan panitia Pilkades, serta untuk memberikan pemahaman yang sama terkait pelaksanaan pilkades dari persiapan sampai dengan penetapan,”tambahnya.

Sementra terkait anggaran Pilkades, sudah diatur dalam UU Pilkades Karena itu, panitia tidak perlu takut. Mekanisme ploting anggaran panitia pilkades, panitia harus menyusun rencana kegiatan kemudian dirinci lalu diserahkan ke Kades dan BPD untuk dibahas dalam musyawarah Desa (Musdes), setelah musyawarah maka dituangkan dalam APBDes perubahan jika belum dimasukan pada APBDes Induk maka Kades, BPD dan masyarakat melakukan  Musdes perubahan APBDes,” ujarnya.

Narasumber pada Bimtek Pilkades serentak yakni, Anggota KPU Halsel, Rusna Ahmad,  Kabid Bumdes DPMD, M. Zaki Wahab dan Kabid Pemerintahan Rahmat Jubedi. (Jul)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer