LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Bupati Halsel Kukuhkan Bunda Peduli Stunting Tahun 2022

Rabu, 6 Juli 2022 | 9:27 am
Reporter: Julhaidir tuahuns
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 166

HALSEL,Liputan-Malut.com Bupati Kabupaten Halmahera Selatan H.Usman Sidik melakukan pengukuhan Bunda Peduli Stunting Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara tahun 2022. Bertajuk “Optimalisasi peran pasti dan peran multisektor dalam upaya percepatan penurunan stunting di Halsel, dipusatkan di Aula Kantor Bupati Selasa, (05/07/2022).

Bupati memberikan suport pelaksanaan 8 aksi konvergensi percepatan penurunan stunting pada tingkat Kabupaten. Pemda menyambut baik kegiatan rembuk stunting, karena di Provinsi Malut berada pada akut kronis dengan prevalensi stunting diatas 20 persen sebesar 27,5 persen berdasarkan survei status gizi Indonesia tahun 2021 (Peringkat ke 13 se-Indonesia), Halsel sendiri berada pada posisi ke dua di Provinsi Malut sesuai data SSGI tahun 2021 prevalensi stunting di angka 33,7 persen,”ujar Bupati.

Usman Berharap segera diatasi jika tidak, dapat mempengaruhi kinerja pembangunan menyangkut dampak kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi daerah. Penurunan stunting memerlukan intervensi terpadu, mencakup intervensi program spesifik dan sensitif dalam mendorong konvergensi efektivitas melalui penetapan target penurunan stunting, penyusunan strategi intervensi, penyusunan anggaran dan rencana program kegiatan, pelaksanaan program kegiatan dan monitoring dan evaluasi,” Ujarnya.

Konvergensi penanggulangan stunting, kata Usman, menjadi tanggungjawab kita bersama, tidak hanya pemerintah tetapi hingga ke setiap keluarga, karena stunting dalam jangka panjang berdampak buruk, tidak hanya pada pertumbuhan anak tetapi juga perkembangan emosi anak yang berakibat pada kerugian ekonomi.

“Makanya, saya titipkan tugas besar ini kepada seluruh pemangku kebijakan di Halsel, wujud aksi konvergensi ini harus kita buktikan dengan memberikan aksi nyata dalam program terintegrasi dalam penanganan stunting di Halsel,” Pungkasnya. (Jul/Red)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer