LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Temukan Sejumlah Masalah di Kecamatan Saat Sidak. Bupati Usman : Camat Dan Kapus Bakal Dievaluasi Dan Diberikan Sanksi Tegas

Minggu, 21 Agustus 2022 | 8:00 am
Reporter: Pemred
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 1853
Sejumlah Nakes ASN dan PPT Puskesmas Yaba Tanpa Seragam (Foto Redaksi Liputan Malut)

HALSEL,Liputan-Malut.com Setelah beberapa waktu absen karena sakit dan butuh perawatan secara intensif. Kini, orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan sudah pulih dan mulai melakukan aktifitas pemerintahan baik di Kabupaten maupun pelayanan di Kecamatan.

Dalam sepekan ini Bupati Halmahera Selatan Hi Usman Sidik melakukan inspeksi mendadak (Sidak) untuk memastikan pelayanan pemerintahan di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Kasiruta Timur, Bacan Barat Utara dan Bacan Timur Selatan. Kamis (18/08/2022) Di Kecamatan Kasiruta Timur, Bupati Halsel Usman Sidik memantau aktifitas pemerintahan di kantor Camat, Puksesmas dan Sekolah Dasar (SD).

Di kantor Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Loleojaya pelayanan kesehatan berjalan baik karena Kepala Puskesmas dan staf nya berada ditempat. Meski begitu, orang nomor satu tetap melakukan pemeriksaan terhadap seluruh ASN dan PTT di Puskesmas. “Saya minta pelayanan kesehatan ini terus dilakukan terhadap masyarakat karena saya (Bupati) dan seluruh perangkat Pemerintahan ini diberikan amanah untuk melayani masyarakat, bukan untuk bersenang-senang,”tandasnya

Sementara di Kantor Camat, Bupati sempat geram karena hanya menemui para staf, sementara Camat, Ardan Ade dan Sekretaris Kecamatan ( Sekcam), Abdul Aziz Benang Mas tidak berada di tempat. Dikesempatan itu Bupati sempat memeriksa absen disaksikan oleh beberapa ASN maupun PTT, dan Bupati mengetahui banyak aparatur sipil negara (ASN) yang di mutasi dari Kabupaten banyak yang lalai melaksanakan tugasnya.

“Ini absen saja kosong tidak pernah di isi oleh ASN berati mereka tidak melaksanakan tugas. Ajudan ambil data ASN yang tidak melaksanakan tugas dan kita bawa ke sidang etik untuk diperiksa. Kalau terbukti tidak melaksanakan tugas tanpa alasan kita berikan sangksi tegas,”ujar Bupati dihadapan staf Kantor Camata Kasiruta Timur

Usai di Kecamatan Kasiruta Timur, Bupati Usman Sidik melanjutkan perjalanan inspeksi mendadak ke Desa Yaba, Kecamatan Bacan Barat Utara diawali dengan pemeriksaan terhadap pelayanan Kesehatan di Puskemas. Saat masuk di Puskemas Yaba meski baru sekitar pukul 11.45 pintuk Puksesmas tertutup rapi dan tak satupun pegawai di Puskesmas tersebut.

Mengetahui Bupati Halsel Hi. Usman Sidik melakukan inspeksi mendadak, barulah para ASN dan PTT terlihat panik dan langsung menuju Puskesmas tanpa mengenakan seragam ASN. Dihadapan para petugas nakes baik ASN maupun PTT, Bupati menanyakan alasan apa sehingga masih jam kantor, Puskesmas nya sudah ditutup dan tidak ada pelayanan sama sekali, bahkan Kepala Puskesmas Jahra Talib pun tidak berada di tempat.

“Ini jam kerja kenapa Puskemas tanpa penghuni lalu alasan nya waktu strahat. Padahal, pelayanan kesehatan di waktu kerja itu sampai jam 14.00 atau Jam 2. Ini kurang ajar namanya, masyarakat itu dilayani bukan seenaknya mau atur-atur diri dengan alasan lagi istirahat. Sudah begitu Kepala Puskesmas nya tinggalkan tugas tanpa alasan yang jelas,’ujar Bupati dihadapan sejumlah staf dan tenaga kesehatan di Puskesmas Yaba

Bupati Halsel Usman Sidik melanjutkan sidak ke Kantor Camat Bacan Barat Utara, disana Bupati hanya menemui beberapa pegawai tidak tetap (PTT), sementara Camat, Fadli Kamarullah, Sekcam dan ASN lain nya tidak berada ditempat.
“Camat dan seluruh ASN ini bakal di evaluasi, bagi ASN yang tidak melaksanakan tugas kita akan panggil sidang etik dan diberikan sangsi tegas bahkan sampai pada pemecatan karena benar-benar sengaja meninggalkan tugas berbulan-bulan,”tegas Bupati

Setelah kembali dari Inspeksi mendadak (Sidak) di dua Kecamatan, Bupati pun menerima keluhan dari warga masyarakat Silang Kecamatan Bacan Timur Selatan, dan keesokan harinya orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan itu langsung menuju Desa Silang untuk bersilaturahmi dan memastikan keluhan masyarakat di desa tersebut. Bupati di dampingi Staf khusus bidang Hukum, Rahim Yasin, Kepala Inspektur, Asbur Somadayo dan Sekretaris DPMD, Fahris Hi Madan.

Bupati Sidak di Puskesmas Loleojaya (Foto Redaksi Liputan Malut)

Tiba di Desa Silang, Bupati diterima Camat Bacan Timur Selatan, Insnain Abdullah, Kades Silang, Rifai S Hasanat dan aparatur bersama masyarakat dan dilanjutkan dengan kegiatan silaturahmi. Disela-sela silaturahmi Bupati meminta perwakilan masyarakat menyampaikan aspirasi dan keluhan agar bisa di tindak lanjuti.

Banyak keluhan, aspirasi yang disampaikana terkait masalah Pemerintahan di desa dan orang nomor satu di Kabupaten tersebut langsung merespon dan langsung memerintahkan inspektorat untuk melakukan audit. “Saya sudah dengan aspirasi masyarakat dan saya perintahkan langsung Inspektorat lakukan audit sejak Kades menjabat sampai tahun 202. Jadi, saya berharap masyarakat tetap tenang dan jaga Kamtibmas, tidak saling menghujat satu sama lain karena semua keluarga,”ajak Bupati diakhir sambutannya (Red)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by