LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Pemda Halsel Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

Rabu, 11 Oktober 2023 | 5:48 pm
Reporter:
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 389

HALSEL, Liputan-Malut.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H Tahun 2023 M, bertempat dilapangan Merdeka, Desa Labuha, Kecamatan Bacan, Kab. Halsel, pada Rabu (11/10/2023).

Maulid Nabi dihadiri langsung oleh Bupati H. Usman Sidik dan Wakil Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba, pimpinan OPD dan masyarakat.

Dalam sambutanya Bupati Halsel menyampaikan bahwa, peringatan maulid nabi muhammad saw ini pada hakekatnya merupakan wujud penghormatan yang dalam kepada Nabi Muhammad SAW. Beliau bukan saja seorang nabi dan seorang rasul Allah, tetapi juga pemimpin umat manusia. Ajaran islam yang beliau sampaikan telah mengubah wajah dunia dan peradaban ke arah yang lebih baik, lebih manusiawi dan lebih beradab dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya.

Bupati juga mengatakan bahwa, peringatan maulid Nabi, sesungguhnya adalah untuk meneladani setiap pikiran, ucapan, dan tindakan Nabi Muhammad SAW. Kita patut meneladani buah pikiran rasullullah yang cerdas dan jernih, ucapan yang santun dan lembut, tindakan yang arif dan bijaksana serta memegang teguh kejujuran dalam setiap langkah dan ucapannya. itulah perilaku yang diwarnai oleh akhlak mulia, akhlaqul karimah.

“Saya mengajak kita semua masyarakat kabupaten halmahera selatan, melalui momentum maulid nabi saw ini mari kita maknai dalam rangka peneguhan sikap dan aktualisasi nilai-nilai perdamaian, apresiasi terhadap kebhinekaan, perbedaan pendapat dan keyakinan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara tanpa ada pelanggaran ham, penistaan agama, ujaran kebencian, peyebaran berita hoaxs, perkelahian dan lain sebagainya,” ungkpanya.

Bupati juga mengatakan bahwa, pesan-pesan dalam maulid nabi saw, harus diwujudkan melalui sikap dan perilaku keberagamaan yang santun, rukun, toleran, saling menghormati, dan menerima perbedaan keyakinan. Karena tanpa adanya damai, harmoni, integrasi, dan budaya dialog, kabupaten halmahera selatan akan mundur dan mengalami disintegrasi yang destruktif dan kontraproduktif.

“Marilah kita sama- sama mengintrospeksi diri dengan senantiasa meneladani perjuangan kepemimpinan nabi. Jadikan peringatan maulid ini untuk kembali meneladani akhlakul karimah yang diajari nabi, kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

“Jadikan peringatan maulid ini untuk kembali meneladani akhlakul karimah yang diajari nabi, kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga Allah SWT selalu membimbing dan mengarahkan kita kejalan lurus untuk menuju daerah yang makmur dan sejahtera,” tambahnya. (Red)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by