LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Cegah Stunting, Dandim 1509/Labuha Bersama Ketua Persit KCK Cabang 37 Serahkan Paket Bantuan Makanan

Rabu, 11 Oktober 2023 | 5:30 pm
Reporter:
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 252

HALSEL,Liputan-Malut.com- Sebagai wujud nyata implementasi mendukung program Percepatan Penurunan Stunting, Kodim 1509/Labuha Kabupaten Halmahera Selatan, serahkan paket makanan tambahan untuk anak Stunting dan Ibu Hamil, paket makanan tambahan tersebut diserahkan langsung oleh Dandim 1509/Labuha Letkol Kav Romy Sitompul yang juga selaku Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan. Serah terima kepada Anak Stunting dan Ibu Hamil digelar di Pos KB dan Kes Mimosa bertempat di komplek Perkantoran Makoramil 1509-01/Bacan Jalan Poros Labuha Panamboang, Desa Mandawong Kecamatan Bacan Selatan, Rabu (11/10/2023).

Dalam penyerahan bantuan paket makanan tambahan, Ibu Ketua Persit KCK Cabang 37 Ny. Dora Sitompul, Kasdim 1509/Labuha Mayor Inf Pardan, turut disaksikan oleh Danramil 1509-01/Bacan Kapten Czi Mustamin dan Para ibu ibu Posyandu.

Dandim 1509/Labuha Letkol Kav Romy Sitompul menuturkan, sosial responsibility percepatan penurunan Stunting dengan memberikan paket bantuan makanan tambahan ini, bertujuan untuk memenuhi asupan gizi bagi anak anak yang rentan, agar terhindar dari resiko Stunting dan sebagai tindakan pencegahan kita juga menyerahkan bantuan makanan tambahan untuk ibu hamil karena 1000 hari emas disaat ibu hamil dan menyusui bayi, sehingga kita bisa mencegah terjadinya Kasus Stunting,

Dikatakan, Stunting merupakan fenomena kekurangan gizi yang menyasar pada anak – anak, sehingga dampaknya sangat mempengaruhi tumbuh kembang dan kecerdasan sang anak. Kondisi kekurangan gizi ini lazimnya terjadi semenjak Bayi dalam kandungan sampai pada masa awal setelah Bayi lahir akan tetapi, Stunting baru terdeteksi atau terlihat saat usia anak menginjak angka 2 Tahun atau lebih. Untuk itulah, dengan demikian kita turut bertanggung jawab akan pencegahan Stunting, karena ini sudah menjadi Program Nasional menuju indonesia Emas tahun 2045”,Ujar Dandim.

Pemberian bantuan ini tidak hanya menyikapi Perintah dari Bapak KASAD, melainkan ini juga sebagai wujud nyata dukungan Kodim 1509/Labuha ikut andil menanggulangi Stunting. Pasalnya, anak-anak kategori Stunting saat ini menjadi prioritas agar kedepan mereka bisa tumbuh semakin sehat dan berprestasi,”Jelasnya. 

Paket bantuan makanan tambahan ini merupakan salah satu langkah strategis dalam memerangi Stunting dengan harapan kualitas tumbuh kembang anak dapat optimal dan memiliki status fisik yang baik. Maka dari itu, pengentasan anak Stunting merupakan program nasional yang perlu kita dukung dan sukseskan secara bersama – sama agar bisa ditekan seminimal mungkin. Kepada penerima bantuan, semoga ini bermanfaat dan bisa mencukupi kebutuhan protein bagi sang anak. Jangan dilihat dari berapa nilainya, akan tetapi ini merupakan rasa kepedulian Kami dari Satuan Angkatan Darat Khususnya Kodim 1509/Labuha sesuai Pilar 8 Wajib TNI yakni sebagai Pelopor mengatasi kesulitan rakyat”,Tutup Dandim. (red).

Berita Lainnya