LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Peduli Kesehatan Masyarakat Untuk Cegah Covid 19 di Halsel, PT. Harita Nickel Sumbang 1 Unit Alat PCR

Kamis, 30 Juli 2020 | 6:24 pm
Reporter: Pemred
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 447

HALSEL,Liputan-Malut.com- Perusahaan Pertambangan Harita Nickel yang beroperasi di Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara melaporkan perkembangan penanganan Covid 19 di Perusahaan kepada Bupati Halsel Bahrain Kasuba, Kamis (30/07/2020) di Labuha.

PT. Harita Nickel diwakili Direktur Utama Trimegah Bangun Persada Donald Hermanus menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan dalam mencegah Covid 19 di lokasi operasional di Kawasi, Obi.
Pada kesempatan tersebut, Donald juga menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung Pemerintah dalam upaya menangani dan mencegah Covid 19, dengan menyerahkan bantuan berupa 1 unit alat polymerase chain reaction (PCR) secara simbolis kepada Bupati Halsel.

Alat ini berfungsi untuk mendeteksi virus Covid-19 pada tubuh seseorang. Penyerahan bantuan disaksikan langsung oleh Sekda Halsel Helmi Surya Botutihe, Dandim 1509 Labuha Letkol. Inf. Imam Khanafi, Liaison Officer (LO) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Laksamana TNI (Pur) A. Bambang Pratiknyo, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halsel Hasna Muhammad

Harita juga membantu kelengkapan pendukung operasionalnya, antara lain 1.500 swab dan VTM (Virus Transport Medium) sebagai tempat spesimen dari proses swab. 600 cassette yang sudah diisi dengan reagent PCR cartridge juga disertakan, sehingga dapat digunakan untuk 600 spesimen.

Melalui penyerahan seperangkat bantuan ini, Harita Nickel membuktikan sinergi dan komitmennya bersama Pemda Halsel dalam menanggulangi pandemi covid-19.

Dikesempatan itu Donald Hermanus mengungkapkan, dengan adanya alat PCR ini, Pemkab Halsel tidak perlu lagi mengirimkan hasil swab ke luar daerah. Warga yang diduga terpapar Covid-19 dapat langsung terdeteksi dengan cepat dan akurat positif atau tidaknya. Ini sangat membantu dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 di Halsel.

“PCR yang kami serahkan merupakan tipe Aries produksi Luminex, Amerika Serikat. Alat ini dapat melakukan pengujian 12 spesimen setiap 2 jam. Jadi dalam sehari tenaga medis dapat menguji lebih dari 100 spesimen. Kami yakin PCR ini sangat membantu pemerintah dalam upaya mendeteksi penyebaran Covid-19, sehingga dapat dilakukan penanganan yang cepat dan tepat,” ungkap Donald.

Bupati Halsel Bahrain Kasuba mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada Harita Nickel yang selama ini telah mendukung Halsel dengan berbagai cara dalam upaya melawan pandemi Covid-19. “Saya mengapresiasi upaya perusahaan dalam menjaga wilayah operasionalnya dari paparan pandemi Covid,”tandasnya (Red)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer