LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Ketua TP PKK Resmi Membuka Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten

Senin, 27 Februari 2023 | 8:21 pm
Reporter: Julhaidir tuahuns
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 693

HALSEL,Liputan-Malut.com Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara Hj. Eka Dahliani Usman Secara  resmi membuka acara kegiatan lomba 10 program PKK tingkat Kabupaten Tahun 2023 di Desa Dolik Kecamatan Gane Barat Utara. Senin (27/02/2023).

Ketua TP-PKK Kabupaten Halmahera Selatan Hj. Eka Dahliani, dalam Smbutanya mengapresiasi kepada seluruh jajaran pengurus TP-PKK, baik tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun tingkat Desa yang telah berupaya secara maksimal untuk menjalankan dan mensosialisasikan 10 program PKK disetiap lini kehidupan

“Saya senang beberapa TP-PKK Kecamatan yang bersinergi dengan TP-PKK Kabupaten untuk mensosialisasikan 10 program pokok PKK di wilayah masing-masing, dengan melibatkan TP-PKK Desa,” ucap Hj. Eka Dahliani.

Lanjutnya, ekspektasi atau harapan saya bahwa program ini harus dijalankan diseluruh Desa dalam wilayah Kabupaten  Halmahera Selatan, yakni seluruh jajaran TP-PKK baik tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Desa diminta berperan aktif guna melaksanakan atau menjalankan 10 program PKK tersebut.

Istri orang nomor satu di Halsel itu mengatakan, selama ini PKK dikenal masyarakat hanya dalam bentuk lomba 10 program PKK, ini artinya PKK hanya berorientasi pada lomba dan biasanya TP-PKK Kecamatan memilih salah satu Desa untuk mengikuti lomba PKK di tingkat Kabupaten.

“Saya selaku Ketua TP-PKK Kabupaten menginginkan mindset berpikir ini harus kita rubah, dari orientasi lomba ke orientasi tujuan dan sasaran 10 program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK),” tegas Hj. Eka.

Menurutnya lomba adalah Motivasi sebagai sarana untuk mengevaluasi bagi TP-PKK yang benar-benar melaksanakan 10 program PKK, sehingga Desa yang terpilih akan mengikuti lomba PKK tingkat Kabupaten, dan pemenang lomba Kabupaten akan diikutkan ke lomba 10 program tingkat Provinsi dan seterusnya.

Kegiatan PKK selalu bersentuhan langsung dengan kelompok terkecil masyarakat yakni keluarga, jadi melalui 10 Program Pokok PKK yang secara teknis telah dilaksanakan oleh kelompok kerja sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Dikatakan 10 program PKK itu ditujukan kepada Masyarakat khususnya keluarga (Rumah Tangga), yaitu melaksanakan pemberdayaan keluarga selaku kelompok terkecil dalam kehidupan bermasyarakat sebab keluarga juga merupakan unsur pokok sebagai penopang untuk pemberdayaan keluarga.

“Alhamdulilah, hari ini kita dari TP-PKK sudah mulai melaksanakan pembukaan lomba 10 PKK tingkat Kabupaten, kepada peserta lomba kami ucapkan selamat berkompetisi, dan kepada tim penilai saya berharap bisa amanah, berikan nilai sesuai dengan kemampuan kreatifitas Desa masing-masing,” harapnya.

Mari jadikan kegiatan lomba 10 program PKK tahun ini sebagai momentum untuk melakukan evaluasi yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, rumuskan rencana kegiatan PKK ke depan dengan baik, kemudian selaraskan dengan 10 program pokok PKK serta program Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan. Untuk diketahui, acara di mulai sekitar pukul 09.15 WIT tersebut dihadiri Ketua TP-PKK Kabupaten beserta rombongan, Camat Gane Barat Utara Rajak Hi. Daiyan di dampingi Ibu Ketua TP-PKK Kecamatan, seluruh TP-PKK Desa dalam wilayah Kec. Gane Barat Utara, Kepala Desa Dolik Iswadi Ishak,  Kades Boso Pithein Girato, Kades Fulai, Kades Suka Damai, Kades Nurjihat, dan Kades Moloku, serta para tamu undangan. (Jul).

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by