LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Kemenag Halsel Berbagi Pada Kaum Dhuafa, Fakir Miskin Dan Anak Yatim Piatu

Jumat, 18 Desember 2020 | 5:35 pm
Reporter: Jul
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 253
Kemenag Halsel Berbagi (Foto Jul Liputan-Malut)

HALSEL, Liputan-Malut.com –  Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dalam rangka menyambut Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI Ke- 75, Jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Selatan melaksanakan kegiatan Kemenag berbagi.

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin setiap tahun yang pembagiannya dibagi dalam dua tahap, yakni menjelang Bulan suci Ramadhan dan Tahun baru menyongsong HAB Kementerian Agama RI yang diperingati setiap tanggal 3 Januari.

Kepala Kantor H. La Sengka La Dadu bersama para pejabat dan panitia Kemenag berbagi melakukan pembagian 75 paket Sembako di 5  lokasi dalam kota Labuha dan sekitarnya, Jum’at, (18//12/2020), Dari lima lokasi tersebut yakni, Pondok Pesantren Al- Khafi Desa Hidayat, Pondok Pesantren Al- Khairaat Labuha, Pondok Pesantren Da’arul Qur’an Mandaong, Pondok Pesantren Hidayatullah Mandaong serta Panti Asuhan yang terletak di Desa Kampung Makian.

Selesai melakukan pembagian Paket Sembako, Kakan Kemenag H. La Sengka La Dadu menyampaikan bahwa harta yang kita miliki baik itu berupa gaji dan tunjangan kinerja ada terdapat hak-hak kaum dhuafa, fakir miskin dan anak yatim piatu yang wajib di keluarkan atau kita sedeqahkan. Sebagaimana dalam Al- Qur’an Surat Adz-Dzariyat ayat 19, Allah SWT berfirman.

“Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang-orang miskin yang tidak mendapatkan bagian”. Tutur Kakan Kemenag

Kakan Kamenag bilang, dengan kita bersedeqah, kita tidak akan jatuh miskin, malah sebaliknya memberikan kita keberkahan dan kelapangan dalam kehidupan kita. Bersedeqah adalah bentuk dari rasa syukur seorang hamba  kepada sang pemberi rezki Allah SWT.

“Alhamdulillah pada hari ini kita sudah berbagi dan menyalurkan kepada yang berhak menerima. Atas nama Kepala Kantor menyampaikan apresiasi kepada seluruh ASN dan pihak-pihak yang sudah ikut berpartisipasi semoga bernilai ibadah, dan sebagai wujud nyata akan kepekaan dan kepedulian kita dalam membantu sesama,”jelasnya, Kamis (17/12/2020).

Ikut dalam rombongan Kemenag berbagi, Kasubag Tata Usaha Juhari S. Tawary, Kepala Seksi Bimas Islam Hamdi Berhert, Kepala Seksi Pendidikan Islam Husain Jafar dan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umarah Mizna Laila Albaar. Sebelumnya Penyelenggara Kristen Basmad Robo bersama jajarannya telah melakukan penyaluran 30 paket sembako Kemenag berbagi untuk masyarakat kurang mampu di  lima desa dalam wilayah Bacan, Bacan Selatan dan Bacan Timur.

Informasi dari panitia Kemenag berbagi, sesuai data terakhir per Kamis, (17/12/2020) kemarin sore, data pemberi paket sembako sebanyak 280 yang terdiri dari ASN, Guru PAI dan Penyuluh Agama Non PNS. Paket sembako yang berhasil diterima sebagai berikut : Beras 1590 Kg, Gula Pasir 312 Kg, Daun Teh celup 317 Kotak, Susu 308 Kaleng dan Minyak kelapa 311 Kg. Untuk data penerima yang sudah disalurkan sebanyak 260 paket atau penerima.

Menurut Bambang, Paket sembako yang dikumpulkan per ASN tidak sama antara satu ASN dengan yang lain. ‘Ada yang hanya mengumpulkan beras saja, ada juga yang paketnya tidak lengkap atau kelebihan di salah satu bahan sembako. 

“Jika merujuk pada ketentuan per paket sembako, masing-masing  ASN 5 Kg Beras, 1 Kg Gula Pasir, 1 Kotak daun teh celup, 1 Kaleng susu dan 1 Kg Minyak kelapa, sehingga data keseluruhan dari kelima bahan pokok tersebut terdapat selisih antara satu bahan dengan bahan yang lain”.  Jelasnya. (Jul)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer