LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Kadis DP3KB Minta OPD Halsel Ikut Andil Tekan Angka Stunting

Rabu, 29 Maret 2023 | 9:00 pm
Reporter: Julhaidir tuahuns
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 389

HALSEL,Liputan-Malut.com Kepala Dinas Pemberdayaa Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana. (DP3KB) Kabupaten Halmahera Selatan. Karima Nasarudin mengajak kepada seluruh pimpinan organisasi perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Halsel untuk turut mengintervensi angka kasus stunting diwilayah Halsel.

“Penanganan kasus stunting di Halmahera Selatan 2 tahun berjalan ini sudah mulai membaik. Di mana angka stunting dari tahun 2021 ke 2022, turun 2,3 persen atau dari 33,7 ke 31,4 persen,” Ujar Karima Kepada Media ini. Rabu (29/03/2023).

Ditargetkan tahun 2024 stunting  turun 14 persen, sehingga dirinya mengajak semua OPD terkait ikut terlibat rembuk gencar intervensi penurunan angka stunting,” harapnya.

Karima mengatakan, target dan rencana penurunan stunting di Halsel akan dilakukan konvergensi dengan upaya perbaikan gizi bayi. Kemudian advokasi melibatan stakeholder dalam penurunan stunting, pembinaan intervensi spesifik, penanganan stunting di berbagai tatanan dan optimalisasi kampung KB untuk keluarga berkualitas,“terangnya.

Sementara untuk target penghapusan kemiskinan ekstrim, Pemkab Halsel bakal melakukan pemetaan program dengan prinsip utama exlusion eror, dengan memastikan adanya konvergensi program dalam penduduk miskin ekstrim,” Tandasnya.

“Saat ini Pemkab juga menyiapkan skema sinergitas program dan melibatkan unsur pemerintah, akademisi, pelaku usaha, masyarakat komunitas dan media untuk menyelesaikan amanah penghapusan kemiskinan ekstrim,“jelas Karima.

Karima mengaku Pemkab Halsel juga telah mencanangkan program zero pengangguran dengan optimalisasi penggunaan anggaran APBN, APBD, APBDes maupun anggaran non pemerintah (CSR). Sebagai upaya Pemkab menghapus kemiskinan ekstrim di Halsel,“ Tutunya. (jul)

Berita Lainnya

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by Velocity Developer