LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Jasri Usman Lantik Pengurus IKDT, Bupati Usman Berharap IKDT dapat Memberikan Konstribusi Nyata

Sabtu, 18 Desember 2021 | 8:35 pm
Reporter: Julhaidir Tuahuns
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 527

HALSEL,Liputan-Malut.com- Bupati Kabupaten Halmahera Selatan H. Usman sidik menghadiri acara Deklarasi dan Pelantikan Pengurus Daerah Persatuan Ikatan Komunitas Ika Togalle (IKDT) Kabupaten Halmahera Selatan Periode 2021-2026. Di pusatkan di gedung Aula Kantor Bupati. Sabtu (18/12/21).

Kegiatan deklarasi, pelantikan sekaligus rapat kerja ini, mengusung tema.”Bersama IKDT menuju Desa senyum untuk Negeri Saruma. Deklarasi ini di hadiri para Kepala, desa Togale di Halsel, Sekertaris DPMD Faris H. Madan, Polres Halsel, Pengurus IKB Makayoa, Ikatan Canga Muda Halsel, dan ratusan peserta asal Togale di 84 Desa yang mayoritasnya, desa Togale.

Bupati Halsel Usman Sidik, selaku ketua dewan Kehormatan dalam sambutannya, mengatakan, pelantikan IKDT merupakan langkah awal dari implementasi tanggung jawab pengurus sebuah ormas, dalam hal ini IKDT dalam sebuah pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai organisasi masyarakat Tobelo Galela di Kabupaten Halsel.

“Saya atas nama pemerintah Daerah, menyampaikan ucapan selamat kepada, ketua dan pengurus Ikatan Komunitas Desa Togale yang pada hari ini dilantik,”ujar Usman.

Lebih lanjut orang nomor satu dilingkup Pemkab Halsel itu berharap, setelah dilantiknya IKDT agar dapat memberikan kontribusi nyata membantu Pemda Halsel, dalam membangun Kabupaten Halmahera Selatan dan komunikasi antara Pemda dan IKDT.

“Selaku ketua kehormatan IKDT saya juga mengingatkan kepada segenap pengurus IKDT agar selalu menjaga kerukunan untuk membangun Bumi Saruma yang kita cintai ini, satu hal yang hendaknya kita pegang teguh yaitu prinsip “dimana bumi berpijak disitu langit dijunjung, saya yakin jika prinsip ini ditegakkan maka semua akan terhindar dari benturan dengan organisasi masyarakat lainnya.”tutur Bupati Usman.

Sementara itu Ketua dewan Pembina IKDT, Jasri Usman, usia melantik ketua umum dan pengurus IKDT dalam sambutannya, menyampaikan IKDT dibawa pemimpin Dr. Iksan Subur yang sudah memiliki pengalaman puluhan tahun, maka dirinya meyakini akan melahirkan program-program yang bermanfaat bagi generasi mudah yang ada di Desa-desa Tobelo Galela, dimana dari 249 desa Togale tersebar di Halsel hampir seperdua mayoritasnya masyarakat Togale.

“Saya berharap IKDT mampu bersinergi dengan pemerintah daerah, dalam rangka membangun Halmahera Selatan yang kita cintai ini. sebab, maju tidak daerah ini dibutuhkan suport, salah satunya dari pengurus IKDT karena, saya yakin didalam pengurus IKDT mempunyai skil, punya kemampuan yang baik, itu yang akan menjadi kontributor utama di pemerintahan pak Usman Sidik dan pak Bassam Kasuba,”tutur Jasri.

Jasri Usman yang juga Wakil wali kota Ternate ini, berharap lahirnya organisasi Ikatan Komunitas Desa Togale (IKDT) ini untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat di Halmahera Selatan.

“Saya yakin dan percaya jika organisasi IKDT ini memberikan yang terbaik kepada masyarakat organisasi lain pasti akan tenggelam.

Untuk itu, Jasri yang juga ketua DPW Partai PKB Malut ini ia mengajak, kepada seluruh keluarga Tobelo Galela untuk berkolaborasi antar satu dengan yang lain. Selain itu kata orang nomor dua di Kota Ternate ini berharap dalam rapat kerja IKDT nanti program yang ditawarkan bisa berkoneksi dengan program pemerintah daerah kabupaten Halmahera selatan.

“Saya selaku ketua dewan pembina berharap organisasi IKDT ini bisa menjadi barometer bagi organisasi lain, mari kita berkolaborasi demi mewujudkan cita-cita organisasi IKDT ini,”pungkasnya.

Terpisah ketua Umum IKDT Dr. Iksan Subur, mengatakan dalam beberapa bulan terakhir ini masyarakat kabupaten Halmahera selatan disibukan dengan organisasi mulai dari Musyawarah, pelantikan, pengukuhan, dan deklarasi, seperti IKB Makayoa, ICM, Salawaku dan paguyuban-paguyuban lain, dan hari ini adalah deklarasi Ikatan Komunitas Desa Togale, itu berarti masyarakat Halmahera Selatan bukan sekedar menjadikan sebuah organisasi sebagai kepentingan sesaat, tetapi menjadikan organisasi sebagai sebuah kebutuhan mendasar.

“Ada du kata yang berbeda, antara kepentingan dan kebutuhan. Dengan begitu maka Ikatan Komunitas Desa Togale lahir bukan karena kepentingan sesaat, tetapi IKDT adalah sebagai wadah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat. Oleh karena itu lahirnya organisasi IKatan Komunitas Desa Togale ini sebagai rumah tunggal, dan rumah induk keluarga besar Tobelo Gelala yang ada di Kabupaten Halmahera Selatan ini,”tukas Iksan.(Jul/Red)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer