LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Ditengah Pandemi Covid 19, Upacara HUT ke 17 Kabupaten Haltim dan Hari Lahir Pancasila Berjalan Khidmat

Selasa, 2 Juni 2020 | 4:08 pm
Reporter: Rafsanjani Rasid
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 975
Bupati Haltim, Ir. Muhdin Mabud saat memimpin Upacara HUT Kabupaten Halmahera Timur (Foto Dany Liputan Malut)

HALTIM,Liputan-Malut.com – Upacara peringati Hari jadi ke 17 Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Tahun 2020 yang berlangsung dilapangan Kantor Bupati Haltim. Selesa, 02/06/2020 pagi tadi itu dilaksanakan secara terbatas, ditengah mewabahnya virus corona (COVID-19). Oleh sebab itu, upacara perayaan HUT kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Meski dalam kondisi yang tidak memungkinkan dalam melakukan kegiatan. Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) tetap memperingati dua hari kejadian yang mana merupakan hari bersejarah, yakni Hari Lahir Kabupaten Haltim yang jatuh pada 31 Mei 2020 dan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020.

Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Muh Din sebagai inspektur upacara yang dihadiri oleh Sekda Haltim, para Asisten, kepala Dinas dan Kepala Bagian, Camat serta ASN di lingkup Pemerintahan Haltim.

Dikesempatan itu. Bupati Haltim, Ir. Muhdin Ma’bud dalam sambutannya menyerukan sepatah doa. Yakni, semoga masyarakat halmahera timur dihindarkan dari wabah virus corona dan semoga penyakit ini cepat musnah dari permukaan bumi ini.

Pada hari ini kita peringati dua kelahiran sekaligus. Kata Bupati, Pertama yang mendahului itu adalah hari kelahiran Pancasila yang menjadi dasar negara, dengan lima kata kunci yakni, ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan.

“Saya ingin menyampaikan bahwa tujuan dalam suatu pembangunan kabupaten atau otonomi baru hanya dengan satu kalimat yakni mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sebab hal ini sudah tertuang dengan jelas di dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pembentukan Otonomi Daerah Baru Provinsi Maluku Utara, yang didalamnya termasuk Kabupaten Haltim”, tuturnya

Upacara HUT Kabupaten Halmahera Timur Berjalan Khidmat (Foto Dany Liputan Malut)
Upacara HUT Kabupaten Halmahera Timur Berjalan Khidmat (Foto Dany Liputan Malut)

Kesejahteraan masyarakat seperti apa yang harus diwujudkan. Bupati juga menjelaskan kesejahteraan berdasarkan ideologi pada dasar bangsa Indonesia, yaitu kesejahteraan yang berketuhanan, berkemanusiaan, kesejahteraan yang dibangun dengan persatuan seluruh bangsaa dan kesejahteraan keyakian bagi seluruh masyarakat Haltim. “Inilah makna yang terkandung dalam memperingati, dua hari kejadian atau dua hari kelahiran pada hari ini”, jelasnya

Lebih jauh kata Muh Din, selama terbentuknya kabupaten Halmahera Timur baru pertama kali dirayakan sekaligus HUT Haltim bertepatan dengan hari Minggu dan Hari lahir Pancasila pada hari Senin bertepatan dengan tanggal merah, sehingga pada hari ini Selasa (02/06/2020) dilaksanakan upacara perayaan dua hari jadi sekaligus.

“Bagi saya kita peringati dua hari jadi dan dua kelahiran. Kedepan ualng tahun Kota Maba harus bersamaan dengan ulang tahun Kabupaten, karena Maba dan sekitarnya mendapatkan predikat kota berdasarkan UU No 1,” jelasnya.

Diketahui, pelaksanaan Upacara HUT Haltim ke 17 dan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan secara protokol Covid-19 yakni, peserta upacara sebelum berada dilokasi terlebih dahulu mencuci tangan serta di Screening oleh petugas Puskesmas Kota Maba. (Dany)

Berita Lainnya