LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Pemkab Halsel Terima Penghargaan Terbaik Semaluku Utara Dalam Pengelolaan DAK Fisik Tahun 2021

Jumat, 18 Maret 2022 | 1:00 pm
Reporter: Julhaidir Tuahuns
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 459

TERNATE,Liputan-Malut.com Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, menerima penghargaan terbaik pertama se Maluku Utara, dalam kinerja pengelolaan dana alokasi khusus (DAK) fisik tahun anggaran 2021 dari Kementrian Keuangan. Penghargaan tersebut diterima oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Halsel Saiful Turuy, Jumat (18/03/2022).

Penghargaan yang diberikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara, Adnan Wimbyarto, dalam acara Focus Group Discussion (FGD) tersebut, merupakan ajang penganugerahan penghargaan yang diselenggarakan Kementerian Keuangan melalui Kanwil DJPB Maluku Utara.

Kriteria yang dinilai pada kategori pengelolaan DAK Fisik, antara lain ketepatan waktu penyampaian dokumen persyaratan pengajuan, kelengkapan dokumen yang disampaikan, serta persentase realisasi penyerapan DAK fisik per tahapan.

“Penghargaan penilaian kinerja pengelolaan DAK fisik 2021 merupakan motivasi untuk bekerja lebih cepat dan tepat,” kata Saiful Turuy usai menerima penghargaan.

Menurutnya, pencapaian Pemda Halmahera Selatan, sebagai peringkat pertama dalam pengelolaan DAK, ini merupakan bonus atas arahan pimpinan dalam hal ini Bupati Usman Sidik bersama wakil Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba, serta kerjasama seluruh pihak, terutama OPD dengan DAK fisik terbaik seperti PUPR, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan. Penghargaan ini merupakan bonus atas penilaian kinerja 2021,”ujarnya.

Saiful menambahkan, tidak hanya ketepatan, kecepatan dalam penyaluran DAK fisik juga menjadi penting, karena mengingat semakin cepat pembangunan fisik rampung, praktis akan mempercepat pemanfaatan oleh masyarakat serta berdampak terhadap sektor lainnya, termasuk ekonomi masyarakat.

Dia juga mengingatkan belanja pemerintah masih menjadi penggerak utama perekonomian masyarakat di daerah ini, karena keberhasilan meraih peringkat pertama kinerja pengelolaan DAK fisik tersebut.

Halmahera Selatan memenuhi indikator penilaian meliputi realisasi penyaluran DAK dari Kas Umum Negara ke rekening Kas Umum Daerah, penyampaian laporan realisasi belanja DAK, serta efektivitas penggunaannya, termasuk penyampaian APBD dan jumlah kontrak,” jelasnya.

Saiful mengaku pihaknya akan terus mendorong kinerja DAK non fisik tahun 2022 lebih baik, seperti di sektor pendidikan dan kesehatan, agar terus membaik serta menargetkan pekan ke tiga Maret ini sudah ada pencairan.

“Tidak hanya ketepatan, kecepatan dalam penyaluran DAK fisik juga menjadi penting, program lainnya juga harus terus dipercepat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

“Semoga dengan diraihnya penghargaan ini dapat memberi motivasi daerah khususnya Kabupaten Halmahera Selatan untuk bekerja lebih baik lagi demi kemajuan Halmahera Selatan dimasa yang akan datang,” pungkasnya.(Jul)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer