LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Hadiri Acara Kesultanan Bacan Bupati Dinobatkan Sebagai Ompu Datuk Wabup Sebagai Ompu Wakil

Rabu, 11 Agustus 2021 | 4:42 am
Reporter: Julhaidir Tuahuns
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 248

HALSEL,Liputan-Malut.com- Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan. H. Usman Sidik bersama Istri dan Hasan Ali Bassam Kasuba bersama Istri menghadiri acara kesultanan Bacan dalam memperingati 1 Muharram 1442 H, sekaligus melakukan ritual adat Popas Lipu sebagai wujud khas Thawaf Tolak bala untuk kemaslahatan dan ikhtiar bersama agar negeri ini terhindar dari berbagai musiba dan bala bencana, di pusatkan di mesjid Kesultanan Bacan, Rabu (10/08/2021).

Bupati H. Usman Sidik dikukuhkan menjadi Ompu Datuk Sapanggala dan Wakil Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba dikukuhkan menjadi Ompu Wakil Datuk Sapanggala.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan 1 Muharram merupakan momentum berhijrah sebagaimana yang pernah di lakukan oleh Nabi Muhammad SAW dari Mekah menuju Madinah. Untuk menyambut datangnya 1 Muharram 1443 H, ini Kesultanan Bacan setiap tahunya melakukan ritual adat Popas Lipu yang merupakan adat keagamaan yang dilakukan secara turun temurun yang dilaksanakan oleh leluhur dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat di Halsel.

“Ritual ini merupakan rangkaian thawaf tolak bala di luar masjid untuk kemashlatan umum, milik kita semua, dari kita untuk kita dan oleh kita” ucapnya
 
Popas Lipu merupakan budaya yang menunjukkan rasa syukur yang ditunjukkan dengan selalu memanjatkan doa-doa kehadirat Allah SWT. Popas Lipu juga merupakan ritual adat untuk mengenang terbentukknya Ibu Kota Kerajaan Bacan.

“Masyarakat menunjukkan rasa syukurnya dengan doa-doa untuk tetap semangat dalam menghadapi rintangan hidup ini dengan selalu mengedepankan prasangka baik, terutama dalam masa pandemi covid-19 ini”tuturnya

Kesempatan ini mari kita bersama-sama memanjatkan do’a agar Kabupaten Halmahera Selatan ini tidak tercemar wabah penyakit dan di hindarkan dari mara bahaya, semoga keberkahan selalu menyertai Negeri kita, sampai tahun berikutnya kita selalu di hindarkan dari mara bahaya dan apa yang di kerjakan menjadi amalan buat kita semua”tandasnya (Jul/red)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer