LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Bertindak Sebagai Irup Hardiknas, Bupati Halsel Berikan Penghargaan Kepada Guru Yang Berinovasi

Selasa, 2 Mei 2023 | 4:07 pm
Reporter: Julhaidir tuahuns
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 415

HALSEL,Liputan-Malut.com Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara, menggelar Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei Tahun 2023, Berlangsung di Lapangan Kantor Bupati Halsel Selasa 04/02/2023

Bupati Halsel H. Usman Sidik bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) di hadiri oleh Wakil Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba dan seluru unsur Forkopimda Halsel, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Peserta Upacara yang terdiri dari ASN dan Non-ASN dan para Peserta Didik.

Dalam amanatnya Bupati membacakan Pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. 

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat”. Ucap Bupati.

Bupati mengatakan bahwa para kepala Sekolah dan Kepala Daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya, sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

“Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan benalar”, Ungkapnya.

Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan bahwa dengan perluasan program beasiswa tersebut maka kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka. Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi. 

Terakhir, Bupati juga mengungkapkan bahwa Hardiknas tahun ini merupakan momentum yang tepat untuk kembali merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil.

“Karenanya, mari kita semarakan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa indonesia melompat kemasa depan dengan pendidikan yang memerdekakan”, pungkasnya.

Sekedar diketahui pada penutup Upacara Hardiknas Bupati Halsel, Usman Sidik bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah melakukan penyerahan Penghargaan kepada para guru yang berinovasi dan penyerahan Hadiah simbolis pada beberapa peserta lomba yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Halsel,” (Jul)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by