LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Bahas Percepatan Penurunan Stunting, Pemkab Halsel Roadshow Bersama Menko PMK RI

Kamis, 30 Maret 2023 | 4:38 am
Reporter: Julhaidir tuahuns
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 357

HALSEL,Liputan-Malut.com-  Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara, mengikuti Roadshow secara daring bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy, Rabu (29/3/2023).

Roadshow tersebut membahas terkait percepatan penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem. Roadshow ini juga diikuti seluruh pemerintah daerah se-Provinsi Maluku Utara dan pihak BKKBN.

Dalam Roadshow, Menko PMK meminta Pemkab Halsel untuk paparkan penurunan stunting dan kemiskinan ekstrim yang meliputi tata kelolah koordinasi, dukungan sarana prasarana, SDM, anggaran, kendala intervensi spesifik dan sensitif serta harapan ke pemerintah pusat.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Halsel Hasan Ali Bassam Kasuba menyampaikan data penurunan stunting. Dia menyebut, pada tahun 2022 kemarin, angka stunting di Halsel telah turun 2,3 persen sehingga diharapkan ini bisa turun di angka 25 persen,” paparnya.

Data angka kemiskinan ekstrim di Halsel, tahun 2021 sebesar 5,19 persen turun jadi 0,2 persen atau 4,99 persen, di tahun 2022. Penyebab kemiskinan ekstrim di Halsel, menurut Wabup, itu dilihat dari berbagai indikator yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Indikator yang dilihat terkait kemiskinan ekstrim memang ditetapkan pemerintah pusat, tetapi kalau saya lihat penyebab utama kemiskinan ekstrim, yaitu akibat minimnya sarana prasarana pendukung baik air bersih dan sanitasi yang berdampak langsung ke disetiap desa, “jelasnya.

Bassam Juga meminta kepada pemerintah pusat lewat Kementerian PMK, agar mendukung penurunan stunting di Halsel dengan penyediaan antropometri di 249 desa, penyediaan alat USG 32 paket di puskesmas, 3 unit rumah sakit.

Penyediaan anggaran kepada TPPS, penyediaan obat dan makanan tambahan, penyediaan anggaran sosialisasi, penambahan alokasi DAK konvergensi dan penambahan anggaran DAU untuk diperuntukkan penanganan stunting,” (jul)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by