LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Pemkab Halut Siapkan Rusunawa Kali Pitu Jadi Lokasi Karantina Terpusat Covid-19

Minggu, 17 Mei 2020 | 1:04 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 133
Direktur RSUD drg. Irwanto Tandaan saat tinjau lokasi rusunawa (Foto Willy Parton Liputan-Malut)

HALUT, Liputan-Malut.com – Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang berada di Desa Kali Pitu, Kecamatan Tobelo Tengah, akan disiapkan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) menjadi tempat karantina terpusat bagi pasien yang terpapar Covid-19.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo , drg Irwanto Tandaan , saat di temui di lokasi Rusunawa mengatakan, bahwa Rusunawa akan alihfungsikan sebagai Rumah sakit untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang sementara ini dalam proses persiapan.

“Rusunawa di jadikan sebagai Rumah sakit bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan sebuah alternatif, yang mana supaya  menghindari akan penumpukan pasien di Rumah Sakit umum ,” kata irwanto, Sabtu (16/05/2020).

Ditambahkannya, Untuk perawatan dan penanganan pasien terkonfirmasi  positif Covid-19 akan di bagi penanganannya, “Pasien Positif Covid-19 ringan akan di rawat di rusunawa sedangkan untuk pasien positif Covid-19 sedang dan berat akan di rawat di RSUD Tobelo,” jelas irwanto.

Irwanto juga mengatakan , sementara untuk saat ini para pasien dari Halut sudah tidak lagi di kirim ke Rumah sakit Chasan Bosoeri ternate ,yang dikirim hanya hasil swab spesimen pengambilan yang nanti di kirimkan Ke Ternate dan akan dilanjutkan oleh Dinkes Provinsi Malut  ke Makasar.

“pasien positif Covid-19 yang sudah di rujuk ke RSUD Chasan Bosoeri Ternate sebelumnya, sepenuhnya di tangani pihak RSUD Chasan Bosoeri ternate,” katanya.

Terkait fasilitas Rumah sakit untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ,dikatakan Irwanto , bahwa ada sekitar 42 sampai 45 kamar yang akan  di siapkan ,namun sementara ini baru 14 kamar di lantai dua rusunawa
yang akan dipersiapkan untuk para  pasien yang sudah positif untuk isolasi.

“Sementara kami siapkan untuk lantai 2 lantai dengan jumlah kamar ada 14 kamar dan semua dibuat steril sesuai dengan Standar Operasional Prosedur,” ujar irwanto.

Di samping tersedianya fasilitas kesehatan , dia juga menjelaskan bahwa Rumah Sakit untuk pasien Covid-19 Halut juga menyiapkan sejumlah tenaga dan pelayanan kesehatan yang diperkirakan 40-50 tenaga medis yang di dalamnya perawat dan juga dokter .” Yang pastinya kami akan siapkan tenaga kesehatannya,” pungkasnya. (Willy Parton)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer