LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Diduga Lakukan Tindakan Kekerasan, Kinerja Satgas Covid 19 Halsel Disorot

Sabtu, 2 Mei 2020 | 3:26 pm
Reporter: Pemred
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 2934
Personil Satgas Covid 19 Halsel Diduga Lakukan Tindakan Kekerasan di depan salah satu warung makan (Foto Redaksi Liputan Malut)

LABUHA,Liputan-Malut.com- Kendati Kabupaten Halmahera Selatan belum kategori zona merah dan belum ditetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, penertiban yang dilakukan oleh personil satgas Covid 19 Halsel dinilai berlebihan.

Praktisi Hukum, Irsan Ahmad kepada redaksi Liputan Malut mengatakan, tugas dan fungsi satgas itu menerapkan langkah strategis untuk peningkatan imunitas masyarakat sehat dan pengobatan pasien Covid 19, tidak ada dalil satgas di Perbolehkan melakukan tindak kekerasan.

“Tadi malam itu sejumlah Pemuda hanya menunggu pesanan makanan di Rumah makan dan akan di santap di rumah. Tiba-tiba satgas datang secara brutal dan mengambil tindakan kekerasan tanpa mempertimbangkan asas lain yang membatasi Satgas dalam melakukan penanganan. Secara Pribadi saya sangat menyayangkan sikap Satgas itu karena di Halsel belum di berlakukan pembatasan sosial berskala besar,”tandasnya

Secara terpisah, Sekretaris Satgas Covid 19 Halsel, Daud dJubedi ketika dikonfirmasi Redaksi Liputan Malut terkait sorotan praktisi Hukum, Daud mengatakan ada ada instruksi Bupati yang salah satunya mengatur untuk yang rumah makan kecil bisa buka malam tetapi tidak melayani makan di tempat hanya pesan di bungkus dan dibawah pulang kerumah. Hal itu dilakukan menurut Daud, karena untuk menjaga dan antisipasi sehingga tidak ada kerumunan orang karena itu sudah merupakan protokol standar.

“Memang di Kabupaten Halmahera Selatan belum diberlakukan PSBB tetapi yang silahkan oleh Satgas itu adalah protokol standar, sebagai langkah ke hati-hatian kita untuk memutus mata rantai penularan maka tidak boleh berkerumun lagi,”tandas Daud

Terkait tindakan personil Satgas yang dinilai tidak wajar, Daud dJubedi mengatakan setiap malam personil Satgas ke lokasi dan diperingatkan kepada warga tetapi setelah Satgas berjalan mereka balik lagi kumpul makanya anggota satgas mengambil langkah seperti itu untuk kepentingan satgas semata tetapi menyelamatkan nyawa masyarakat Halmahera Selatan.

“Kami akan melakukan evaluasi kondisi dilapangan. Tetapi, pihaknya juga menghimbau kepada seluruh warga agar jangan main-main dengan Covid 19 ini karena demi menjaga keselamatan,”pungkasnya mengakhiri (Red)

Berita Lainnya