LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Cuaca Tidak Bersahabat, Dan Pos Dufa Dufa Himbau Penumpang dan Speed Boat Taat Aturan Pelayaran

Rabu, 15 Desember 2021 | 10:35 am
Reporter: Samaun Alkatiri
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 179

TERNATE,Liputan-Malut.com Komandan Pos Kantor Kesyahbandaran Pelabuhan Dufa Dufa Ternate M. Nur Naipon menghimbau kepada ABK Speed boat maupun pengguna jasa (penumpang) rute Pelabuhan Dufa Dufa Jailolo Kabupaten Halmahera Barat, agar taat dengan aturan keselamatan, karena bicara soal keselamatan pelayaran merupakan faktor paling penting dalam setiap pelayaran,” Tegas Danpos M. Nur Naipon ketika ditemui Medya ini diruang kerjanya Rabu (15/12/2021).

Ia mengatakan, kondisi cuaca diakhir tahun 2021 tidak bersahabat, cuaca agak membaik ketika pagi hari namun menjelang siang cuaca laut sudah mulai bergelombang dan tiupan angin kencang, sehingga pihaknya meminta kesadaran semua pihak baik penumpang, maupun speed boat dan kapal laut jangan mengambil resiko pelayaran tetapi harus menjunjung tinggi keselamatan pelayaran,”pesanya.

Diakui dalam beberapa pekan terakhir sempat terjadi sedikit gesekan antara penumpang dan petugas bersama ABK Speed boat di pelabuhan Dufa Dufa, karena petugas mengehentikan pelayaran Dufa Dufa Jailolo lantaran kondisi cuaca, namun pihak penumpang memaksakan speed boat harus lakukan pelayaran dengan membayar jasa pelayaran sebesar Rp. 100 ribuh, namun petugas tetap pada prinsip tidak menerbitkan surat persetujuan berlayar (SPB),” tegas Naipon.

Hal senada juga di tegaskan Isnain H. ABD. Latif Doa selaku koordinator Dinas Perhubungan Kota Ternate khusus Pos Pelabuhan Dufa Dufa Ternate mengatakan, terkait ketegasan dalam setiap pelayaran sudah berulang kali disampaikan sebagai bentuk sosialisasi kepada penumpang maupun ABK speed Boat namun rasanya kurang ada kesadaran dari masing masing pihak.

“Saya perlu tegaskan bahwa sudah cukup banyak peristiwa laut yang menyimpang banyak misteri, karena begitu banyak korban nyawa manusia yang tidak ditemukan ketika terjadi kecelakaan laut, untuk itu kesadaran kesalamatan pelayaran harus dijunjung tingggi sebagai panglima diatas laut,” tutup Isnain mengakhiri. (Red)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer