LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Puluhan Personil Basarnas Maluku Utara Siap Amankan Natal Dan Tahun Baru

Jumat, 17 Desember 2021 | 6:56 pm
Reporter: Samaun Alkatiri
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 433

TERNATE,Liputan-Malut.com- Dalam rangka kesiap siagaan, menyambut Natal dan tahun baru 2022. Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan Sar Nasional. (BASARNAS) Kota Ternate Provinsi Maluku Utara, melaksanakan apel siaga sar dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Basarnas Kota Ternate. Muhamad Arafah, S.H., M.Si yang diikuti seluruh pejabat serta personil Basarnas dan Anak Buah Kapal (ABK). Dipusatkan di lapangan upacara Kantor Basarnas Ternate. Jumat (17/12/21).

Amanat Kepala Basarnas RI. Marsekal Madya TNI. Henri Alfiandi, dibacakan Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah mengatakan, Pelaksanaan siaga SAR khusus kali ini dilaksanakan selama 19 hari dimulai tanggal 17 Desember 2021- tanggal 4 Januari 2022, dimana Basarnas melaksanakan siaga SAR khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal,” jelas Arafah

Ia mengatakan, Pada kegiatan kesiapsiagaan SAR khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, kita akan tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tupoksi dari Basarnas, namun tidak hanya itu Basarnas juga siap bilamana adanya potensi terjadinya kecelakaan dan bencana yang memerlukan perhatian khusus dari Basarnas. “Ucapnya.

Untuk mendukung siaga SAR, Kantor Pencarian Dan Pertolongan Basarnas Ternate telah menyiapkan Alut SAR yang bisa digunakan seperti pada Alut air yakni 2 Kapal, 3 RB dan perahu karet. Kapal KN SAR 237 Pandudewanata di Ternate dan RB 309 Ternate di Bacan Kabupaten Halmahera Selatan. Sementara RIB berada di Ternate, Tobelo dan Sanana. Selain itu juga telah disiapkan Alut darat yang digunakan untuk mobilitas personil yang akan melaksanakan patroli,”jelasnya.

Lanjut Arafah mengatakan, tidak hanya di Kantor Pencarian Dan Pertolongan Basarnas Ternate, Siaga khusus ini juga di siagakan personil dan Alut di Pos SAR Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Unit Siaga Sar Bacan Kabupaten Halmahera Selatan, Unit Siaga Sar Sanana Kabupaten Kepulauan Sula Dan Unit Siaga Sar Morotai Kabupaten Pulau Morotai. Jumlah personil Kantor Pencarian Dan Pertolongan Ternate yang di siagakan pada Siaga Sar Khusus Natal 2021 dan Tahun 2022 ini berjumlah 72 Personil,”Tutupnya. (Red).

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer