LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

KSOP Ternate Instruksikan Operator Kapal Wajib Waspada Saat Berlayar

Senin, 3 Agustus 2020 | 8:49 pm
Reporter: Samaun Alkatiri
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 376
Kepala KSOP Ternate, Taher Laitupa (Foto Maun Liputan Malut)

TERNATE,Liputan-Malut.com- Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Kota Ternate memastikan kondisi cuaca hitam gelap disertai hujan (03-04/08/2020). Namun, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan A. Yani kelas II Ternate menganggap kondisi cuaca masih normal sehingga aktifitas pelayaran kapal masih dalam kondisi normal.

Kepala Kantor KSOP Ternate Taher Laitupa kepada media ini Senin (03/08/2020) mengatakan sesuai laporan BMG Kota Ternate ada tiga kategori yakni garis merah, hijau dan garis kuning dan untuk saat ini masih dalam garis hijau dan kuning yang dianggap situasi cuaca masih normal maka kita telah menginstruksikan kepada operator kapal yang ada di Pelabuhan A. Yani Ternate agar setiap berlayar wajib menyesuaikan kondisi cuaca terutama pelayaran di luar Maluku Utar agar selalu waspada jika kondisi cuaca tidak memungkinkan maka kapal tidak bisa berlayar dan batal pelayaran karena bisa mengancam keselamatan penumpang.

“Saya sudah instruksikan kepada operator kapal meskipun cuaca masih normal tetapi wajib waspada jika cuaca berubah ekstrim maka pelayaran harus dibatalkan demi keselamatan penumpang, tegas Taher 

Sementra kapal pelayaran lokal ke Halmahera dan Kabupaten yang lain dalam lintasan Provinsi Maluku Utara apabila ditengah perjalanan dan terjadi perubahan cuaca buruk maka pihak kapal segra mencari tempat aman dipulau terdekat untuk berlindung sementara waktu hingga kondisi cuaca membaik baru pelayaran bisa dilanjutkan.

“Jadi, terkait beberapa titik pelabuhan yang ada dikota Ternate dengan masing-masing Dan pos sudah memiliki laporan pertanggung jawaban terkait keselamatan pelayaran dan perkembangan cuaca yang di terima setiap saat dari BMKG sehingga mereka selalu melakukan pengawasan terhadap aktifitas dipelabuhan,” tutup Taher. (Maun)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer