LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Dituduh Lakukan Santet, Rumah FM di Halut Dibakar Keluarga Dekat

Senin, 3 Agustus 2020 | 8:35 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 389
Rumah Keluarga FM dan DS yang dibakar (Foto Willy Parton Liputan Malut)

TOBELO, Liputan-Malut.com – Dituding sebagai dukun santet, Rumah Keluarga Flantien Moreng (FM) dan Dominggas Sumtaki (DS) dibakar bahkan di ancam akan di bunuh pada Senin (03/08/2020) sekitar Pkl 04.30 Wit dini hari, yang diduga dilakukan keluarga Almarhum Wen Moreng (WM) yang meninggal dunia pada 26 Juli 2020 lalu, di Desa Duma Kecamatan Galela Barat Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

Kasubag Humas Polres Halut, Iptu Mansur Basing mengatakan,  akibat dari kejadian tersebut keluarga WN merontak serta melakukan pengrusakan dan pembakaran serta mencoba melakukan pembunuhan terhadap FM dan DS. Sementara itu, anggota piket yang menerima informasi tersebut saat hendak menuju ke TKP sempat dihadang keluarga Moreng dengan melakukan pemalangan jalan.
Seanjutnya, meski terjadi pemalangan, Personil Polsek Galela berhasil menerobos dan mengamankan korban FM dan DS di Polsek Galela. Meski demikian, saat bersamaan para pelaku melakukan pembakaran terhadap rumah keluarga FM.

“Personil Polsek juga berhasil mengevakuasi anak – anak dari FM dikarenakan adanya ancaman pembunuhan dari para pelaku. Kronologis kejadian ini sendiri diduga bermula dari kesalahapahaman antara batas tanah yang kemudian sebelumnya telah diselesaikan namun kemudian terdapat keluarga yang meninggal yang terjadi kecurigaan keluarga WM bahwa keluarga mereka yang meningga diduga disantet oleh kelurga FM dan DS,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa kejadian pembakaran rumah serta pengancaman pembunuhan ini sementara dilakukan penyelidikan oleh kepolisian. Dengan kerugian materil akibat pembakaran rumah ditafsir sekitar Rp. 100 juta.

“Setelah menerima laporan, polisi kemudian turun ke TKP dan mengamankan korban, serta memasang Police Line. Sementara keluarga FM masih mengamankan diri di Polsek Galela,” jelas Mansur. (Willy Parton)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer