LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Abaikan Keselamatan Pelayaran, TNI AL Tahan Speed Boat Tujuan Makian

Kamis, 17 Juni 2021 | 12:21 pm
Reporter: Samaun Alkatiri
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 472

TERNATE,Liputan-Malut.com- Perlu diberikan apresiasi baik kepada pihak otoritas Pelabuhan A. Yani Ternate dibawah kepemimpinan Affan Tabona SE, M.si maupun pihak TNI Angkatan Laut (Dan Lanal) Kota Ternate terkait kerjasama yang baik dalam hal menjalankan tugas fungsi pengawasan keselamatan pelayaran dilaut.

Berdasarkan data yang berhasil di himpun medya ini dari Bunyamin Naser SH. MSi Danpos pelabuhan Speed boat Bastiong Ternate Kamis (17/06/2021) menyebutkan, pihak TNI Angkatan Laut Ternate berhasil mencegat salah satu speed boat dengan rute Pelayaran dari Bastiong menuju Pulau Makian, kronologisnya Speed Boat SB.BULEU JAYA dengan jumlah penumpang 33 orang ditambah ABK 5 orang, awalnya bertolak dari pelabuhan Bastiong, seluruh penumpang duduk didalam speed, setelah perjalanan sebagian penumpang keluar dan duduk diatas kap speed boat,” jelas Bunyamin.

Lanjut Danpos, dengan Melihat situasi yang bakal mengancam keselamatan penumpang, Speed Patroli TNI AL dibawah Komandan Patroli Kopka Bah Anwar dan anggota KLK Kom Eko Lidiono dan KLK Mes Ali Masruri menghampiri Speed Boat tersebut lalu memberikan arahan kepada ABK agar memerintahkan seluruh penumpang masuk ke dalam speed, namun arahan dari TNI AL tidak diindahkan akhirnya TNI AL terpaksa menunjukan sikap tegas memerintahkan ABK agar segera kembali ke Pelabuhan Bastiong dan belum bisa melanjutkan perjalanan karena ABK dianggap mengabaikan aspek Keselamatan pelayaran,” sambung Bunyamin.

Masih lanjut Bunyamin mengatakan, setelah tibanya Speed boat di Pelabuhan Bastiong,
nahkoda speed boat kemudian di arahkan ke pos KPLP untuk di mintai keterangan, setelah di mintai keterangan dan di beri beberapa arahan mengenai keselamatan pelayaran oleh Danpos KPLP pelabuhan bastiong dan Mayor Laut (P) A . Yani sebagai Paspos Lanal Ternate, Serta KP3 Pelabuhan Bastiong, Nahkoda serta ABK Speed Boat kemudian di beri sangsi sosial berupa membersihkan halaman Kantor Lanal Ternate, degan tujuan agar semua nahkoda selalu mentaati aturan Keselamatan,” tandasnya.

Selanjutnya pada pukul 10.00 Speed Boat diinjinkan melanjutkan Pelayaran dengan tujuan makian degan membwah penumpang 33 orang ditambah 5 orang ABK bersama muatan,” ujar Bunyamin.

Terpisah Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan A. Yani Ternate Affan Tabona SE. M.Si dikonfirmasi, membenarkan hal tersebut, Affan mengaku setelah Speed Boat bersama ABK dan penumpang tujuan Bastiong Makian di giring ke pelabuhan Bastiong, saat itu pihak TNI AL langsung menghubunginya guna menyampaikan perihal informasi tersebut,” saya kira ini adalah langkah yang tepat dilakukan oleh teman teman TNI AL demi mecegah terjadi peristiwa kecelakaan dilaut karena penumpang bukan tempat duduk diatas kap speed tetapi harus didalam, namun setelah mereka diberikan pembinaan beberapa menit kemudian speed diijinkan melanjutkan Pelayaran ke Pulau Makian,” tutup Affan . (Red)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer