LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Ditangan Dingin Bupati Hendrata Thes, Kabupaten Sula Sukses Raih Opini WTP dari BPK RI

Jumat, 19 Juni 2020 | 8:32 pm
Reporter: Rismit Theapon
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 1712
Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes (Foto Istimewa Liputan Malut)

SANANA,Liputan-Malut.com- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) dibawah tangan dingin Bupati, Hendrata Thes kali pertama sukses meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI perwakilan Provinsi Maluku Utara.

Hal ini, menjadi kabar gembira dikalangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (OPD) maupun masyarakat di Kepsul. Sebab, Selama 17 tahun Kabupaten itu di mekarkan, baru di tahun 2019 Kepsul meraih predikat Opini WTP oleh BPK RI Provinsi Maluku Utara melalui Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) keuangan daerah.

Bupati Kepsul Hendrata Thes mengatakan, keberhasilan WTP yang diraih oleh Kepsul, prosesnya memang sangat panjang. Karena di usia Kabupaten Sula yang ke 17 tahun baru diraih predikat WTP ini, tentunya menggambarkan bahwa tata kelola Pemerintahan sudah berasaskan keterbukaan akuntabel dan tranparansi maka harus dipertahankan.

“Usaha keras yang kita lakukan untuk mencapai WTP itu sendiri prosesnya sangat panjang karena di usia ke 17 baru kita raih predikat itu.Jangan dulu berbangga karena apa yang kita raih hari ini, kita harus menjaga dan melakukan tugas-kita dengan baik supaya kedepan kita tetap pertahankan WTP,” kata Bupati saat detemui sejumlah wartawan Jumat (20/6/2020) di Isda.

Bupati juga berharap kepada OPD dilingkup Pemkab Kepsul dengan diraihnya WTP oleh BPK RI Provinsi Maluku Uatra ini supaya menjadi spirit Pemeritah Daerah sehingga tata kelola keuangan Daerah.

“Dengan adanya Opini WTP ini, bukan kita sudah berpuas diri. Tetapi kita terus mengerjakan apa yang masih belum dikerjakan lebih ditingkatkan lagi dan di selesaikan secepat mungkin,”tegasnya

Bupati bilang untuk meraih WTP RI perwakilan Maluku Utara, diusia Kabupaten Sula yang ke 17 merupakan hadiah yang sangat mahal dan paling berharga bagi Daerah.

“Diusia yang ke 17 kita diberikan rahmat karena diberikan opini WTP ini sangat luar biasa. Meskipun ditengah-tengah pemdemi virus Corona, kita masi bisa menuntaskan tugas dan tanggung jawab kita demi mendapatakan WTP itu,”ujar Bupati.

Terpisah kapala Inpektur Inspektorat, H Kamal Sangadji menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Satuan kerja Perangkat Daera (SKPD) Pemda Kepsul yang telah menindaklanjuti rekomendasi BPK pada tahun sebelumnya.

“Kepada Sekrterais Dearah maupun teman-teman SKPD semua untuk menindaklanjuti, rekomendasi temuan-temuan BPK dari tahun sebelumnya sehingga bisa berjalan. Begitu naskah kami terima langsung ditindaklanjuti hasil temuan BPK sehingga sekitar 90 % dikembalikan dan sisa 10% dalam minggu ini kami akan usaha kembalikan,”ungkapnya.

Sementara untuk mempertahan Opini WTP RI perwakilan Maluku Utara Kepala Inpektorat mengajak seluruh SKPD Kepsul untuk tetap bekerja keras dalam tatakelola Pemerintahan yang lebih baik.

“Kedepanya itu, kami harus bekerja keras dan berkomitmen bersama Pak Bupati untuk dapat mempertahankan opini WTP yang telah diraih oleh Kepulauam Sula,”tutup Kepal Inpektorat. (rt)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by