LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Wakil Bupati Halmahera Utara Buka Kegiatan Pemantapan Bimbingan Manasik Haji Yang Diikuti 96 CJH

Senin, 15 Mei 2023 | 6:48 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 296

HALUT, Liputan-Malut.com – Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Halmahera Utara sebanyak 96 orang, Senin (15/05/2023) mengikuti pemantapan bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten musim Haji 1444 H/2023 M dengan tema “Haji Ramah Lansia”  yang dilaksanakan bertempat di

Hotel Grand Land desa Gura Kecamatan Tobelo.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Halmahera Utara Muclis Tapi Tapi S.Ag., Kepala Kantor wilayah Kementrian Agama Provinsi Maluku Utara  Drs. H. Amar Manaf,  Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf.Rusmin Nuryadin,  Kabag Sumda polres Halut, Akp Didik Yuliyanto, Kepala kantor Kementrian Agama Kabupaten Halmahera Utara Yamin Latif Cokro, Mewakili kepala Pengadilan Halut Kemal Dwi handika, SH serta para pimpinan OPD Halut

Kepala Kantor Kantor Agama Halut
Yamin Latif Cokro mengatakan bahwa
jemaah haji Halmahera Utara tidak ada permasalahan. Bahkan terkait dengan kesehatan para jamaah haji sampai dengan saat ini dalam keadaan sehat.

“Harapan saya kepada Para jemaah haji agar selalu menjaga kesalahan dan kepada pihak keluarga agar selalu menjaga pola makan Para jemaah haji,” ucapnya.

Lanjut Kemenang Halut mengatakan, kegiatan Haji ini merupakan suatu program pemerintah, maka dari itu patut semua mendukung program pemerintah yang sudah sekian lama berjalan.

Selain itu, Kepala Kantor Agama Wilayah Provinsi Maluku Utara mengatakan bahwa haji itu adalah merupakan sebuah panggilan Allah, maka dari itu para jemaah haji dapat nembersihkan hatinya dan tidak boleh ada pikiran yang kotor pada saat menghadap Allah.

“Saat ini untuk Kabupaten Halmahera Utara para jemaah haji sebanyak 96 Orang, dan jika ada cadangan yang mampu melunasi tunggakan maka akan di perbolehkan berangkat,  karena saat ini ada penambahan 9 orang lagi dari Kabupaten Halmahera Utara,” ucapnya.

Harapannya, agar para jemaah dapat menjaga kesehatan, pasalnya pada saat kesehatan terganggu maka ibadah tidak akan terlaksana. 

“Saya mengingatkan kepada para jemaah haji, saat ini pemerintah daerah Halut tidak meminta lebih dari pada jemaah haji hanya meminta doa agar pemimpin daerah ini selalu dalam keadaan sehat,” jelasnya.

Sementara, Wakil Bupati Halut Muchlis Tapi Tapi yang sekaligus membuka acara Pemantapan bimbingan manasik berharap para jamaah haji dapat mengikuti dengan baik tahapan -tahapan Bimbingan Manasik. Dimana maksud dari kegiatan manasik ini adalah perkenalan satu sama lain dari para jamaah haji.

“Terkait dengan Ibadah haji merupakan suatu program pemerintah yang tercantum pada undangan -undang, maka dari itu para jemaah dapat mengikuti peraturan dan tahapan yang sudah di atur,” Ucapnya.

Harapannya kepada para jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Halmahera, selalu menjaga hubungan yang baik dan saling memperhatikan satu sama lain dan selalu ikhtiar serta menjaga kesehatan, karena sudah ada contoh yang terjadi pada jemaah-jemaah haji sebelumnya, jika kesehatannya terganggu maka akan di pulangkan.

“Harapan saya dari pemerintah daerah agar semoga para jemaah haji asal Halut pergi dan kembali selalu dalam lindungan Allah SWT,” ucapnya.

Diketahui, jegiatan Bimbingan Manasik dilaksanakan selama 2 hari sejak tanggal 15-16 Mei 2023. (Willy)

Berita Lainnya

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by Velocity Developer