LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

STQ Ke XI Tahun 2021 Resmi Dibuka Plh Bupati Halut

Kamis, 18 Maret 2021 | 7:57 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 118
Pembuka STQ ke XI tahun 2021 di desa popilo (Foto WP Liputan-Malut)

TOBELO, Liputan-Malut.com – Pelaksana harian (Plh) Bupati Halmahera Utara Yudihart Noija, S.Si, MH., Resmi membuka Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke- XI tingkat Kabupaten Halmahera Utara Tahun 2021, di halaman Masjid Al – Anshar Desa Popilo Kecamatan Tobelo Utara, Rabu (17/03/2021) pukul 21.30 Wit.

STQ ke XI dengan tema “Wujudkan Generasi Qur’ani yang cinta damai,” dihadiri Plh Bupati Halut Yudhihard Noya,. S.Si, MH., Mewakili Dandim 1508/Tobelo Kapten Inf Hadji Talaohu ( Pasi Pers Dim 1508/Tobelo), Ketua panitia Drs. H. Muhlan Ando (Asisten II Pemkab Halut), Sekertaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an ( LPTQ) Kab. Halut Husain Horu S.Fil., Ketua dewan hakim Rusli Karim BA,., Dewan hakim STQ Ustad H. Tahakotu, Sekertaris dewan hakim STQ Ajhar Hamim, Para Camat, para kepala Desa, para KUA se Kab.Halut, Tokoh Agama, para Panitia pengurus STQ,  dan para perwakilan Khafilah masing-masing Kecamatan.

Ketua panitia STQ, Drs. H. Muhlan Ando, dalam laporannya mengatakan, Keputusan bersama Menteri Agama dan Menteri dalam Negeri nomor 182 tahun 1988 dan nomor 48 tahun 1988 tentang pengembangan organisasi lembaga pengembangan Tilawatil Quran menteri Agama nomor 40 tahun 1989 tentang susunan organisasi dan tata kerja LPTQ, serta Keputusan Bupati Halmahera Utara tentang pengangkatan pengurus LPTQ Kabupaten Halmahera Utara 2017 tentang pembentukan panitia STQ 2021 tingkat Kabupaten Halmahera Utara, dan Keputusan Bupati Halmahera Utara tentang pengangkatan dewan hakim STQ tingkat Kabupaten Halmahera Utara tahun 2021.

“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada Camat Tobelo Utara dan Kepala Ds. Popilo serta bapak/ibu tamu undangan karena telah membuat acara Seleksi Tilawati Qur’an (STQ) ke-XI Tahun 2021 ini,”ujarnya.

Sekertaris LPTQ Halut Husain Horu S.Fil., mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini mendapat kemudahan dan kelancaran dari Allah SWT, kedepannya kami meminta pemerintah Daerah bisa mendukung kegiatan STQ agar putra putri kita bisa lebih baik lagi kedepannya.

“Kami berharap putra putri kita bisa di berikan pembinaan agar kedepan di Maluku Utara bisa mewakili ke tingkat STQ Nasional. Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah dan seluruh pengurus STQ karena telah membuat acara ini dengan baik dan membawa dampak yang positif,” ucapnya.

Sambutan Mewakili Kepala Kankemenag Halut Ruslan Jafar menyebutkan, Pelaksanaan STQ hampir setiap tahun di gelar, peristiwa ini bukan hanya ajang silahturahmi melainkan untuk kita sama – sama bisa mengingat tentang ajaran agama Islam.

“diharapkan untuk adanya kegiatan ini putra putri kita bisa melanjutkan prestasi dan mengembangkan isi dan arti dalam pembacaan Al Quran.Tinggal beberapa hari lagi kita akan memasuki Bulan Ramadhan, untuk itu kita harus menyambut dengan penuh rasa kegembiraan,” ajaknya.

Sementara Plh. Bupati Halut Yudihart Noija, S.Si, MH., dalam sambutannya mengatakan, Pelaksanaan kegiatan seleksi tilawatil Qur’an (STQ) merupakan agenda rutin pemerintah Pusat dan pemerintah daerah di seluruh wilayah Republik indonesia yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka menjaring para qori dan qor’ah yang selanjutnya akan mengikuti STQ di tingkat Provinsi dan Nasional.

“melalui kesempatan yang baik ini, saya mengajak seluruh umat islam yang berada di Halut, “Mari kita selalu menghidupkan perasaan cinta kepada nilai-nilai dan Hikmah yang terkandung dalam al-quran,” ucapnya.

Dikatannya, pada hakekatnya pelaksanaan STQ maupun MTQ tiada lain adalah untuk membina ukhuwah islamiyah dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan syarat Islam di kabupaten Halmahera utara ini. Selain itu, momentum pelaksanaan STQ pada tahun ini hendaknya bisa kita jadikan sebagai salah satu tonggak dalam rangka membina Qori’ dan Qori’ah untuk lebih menuju kemandirian.

“Mari kita tingkatkan upaya dalam melakukan pemberantasan buta huruf Al Qur’an  dengan pemahaman dan pengamalan nilai nilai keagamaan di dalam kehidupan bermasyarakat. Saya yakin dan percaya segala tantangan dan hambatan akan kita lewati dengan penuh kesabaran walaupun kita kini masih berada dalam suatu tatanan kehidupan yang tidak biasanya karena pandemi covid 19 tapi kita tetap menjalankan nilai nilai agama,” harapnya.

Bupati juga berpesan kepada Qori’ dan Qoriah yang akan berlomba untuk dapat mencurahkan semua kemampuan yang dimiliki, karena para juara yang dihasilkan dari pelaksanaan STQ KE-XI ini, selanjutnya akan dikirim untuk mewakili Kabupaten Halmahera utara pada pelaksanaan STQ tingkat Provinsi di Kota Ternate. (Willy Parton)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer