LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Mengenal Budaya indonesia dan Maluku Utara, Melalui Pelatihan BIPA

Sabtu, 30 Maret 2024 | 3:49 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 68
Pelatihan BIPA (Foto Liputan Malut, Willy/NHM)

HALUT, Liputan-Malut.com – Departemen Occupational Health and Safety (OHS), Senin 12 Februari 2024 menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Pelatihan BIPA merupakan pelatihan pertama yang berlangsung di Training Centre Gosowong, sebanyak 21 peserta dari 11 Departemen menghadiri pelatihan pada batch pertama dan kabarnya akan ada batch kedua untuk pelatihan ini.

Program Kemendikbud melalui Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara, yang difasilitasi oleh Pelatih tersertifikasi dari Kemendikbud Dr. Arie Andrasyah Is, SS, M. Hum, Dr. Haerul, Spd. Mpd, Insos Jemina Santoke Komboy, S.S dan satu fasilitator dari NHM, Johny Herman Karwur, dalam pelatihan tersebut para fasilitator memperkenalkan Budaya Indonesia dan budaya daerah Maluku Utara kepada Pekerja asing, serta memberikan materi dasar seperti mengenal beberapa karakter Bahasa Indonesia, cara menyapa dan mengenal kata-kata dasar yang sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pelatihan BIPA di Gosowong ini sangat membantu peserta untuk mengenali budaya di Indonesia dan Maluku Utara, meningkatkan kemampuan serta memaksimalkan komunikasi antar karyawan.

BIPA merupakan suatu metode khusus pelatihan Bahasa Indonesia dengan subject orang asing sehingga mudah dimengerti, dengan metode ini banyak minat dari orang asing untuk belajar Bahasa Indonesia. Saat ini Bahasa Indonesia dipakai lebih dari 300 juta penutur dan juga membuat Bahasa Indonesia menjadi salah satu Bahasa resmi UNESCO (PBB).

“Gosowong beruntung mendapat pelatihan ini sehingga kedepan diharapkan dapat menjadi guide bagi peminat asing yang akan belajar Bahasa Indonesia.” Kata Dr, Kuncoro, Manajer Departemen Occupational Health and Safety (OHS), melalui rilis dari Departemen Komunikasi NHM, Sabtu (30/03/2024).

Hingga saat ini pelaksanaan Pelatihan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) masih terus dievaluasi, diperbaiki dan dikembangkan. Harapannya, batch kedua akan berlangsung dengan semakin baik. (Willy)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by