LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Bupati Sambut Langsung Walikota Gora Kalwaria Polandia Kunker Ke Pemda Halut

Senin, 7 November 2022 | 6:18 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 381

HALUT, Liputan-Malut.com – Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Manery menyambut langsung kunjungan kerja Walikota Gora Kalwaria Polandia Mr Arkadiusz Strzyzewski beserta rombongan di bumi Hibualamo. Penyambutan sendiri dilakukan Bupati didampingi Sekda Halut Drs. E.J. Papilaya bersama pejabat teras Pemkab Halut lainnya bertempat di kantor Bupati  pada Senin (07/11/2022) disajikan dengan tarian adat Tide Tide dan foto bersama. Sementara itu, Walikota Gora Kalwria Polandia Mr Arkadiusz Strzyzewski didampingi Kepala Kominfo Mr. Plotr Robert Chmlelewski, Mr Wojclech Szpocinki , Mrs Sylwia Halina Szparkowska dan Mr Istanul Badiri.

Selanjutnya, Bupati Halut kemudian bertatap muka bersama Walikota Gora Kalwria Polandia yang dilaksanakan di ruang Fredy Tjandua.

Bupati Frans mengatakan bahwa Gora Kalwria Polandia adalah kota yang berada di tengah tengah Uni Eropa dan dapat diwujudkan dengan berkunjung ke Halut dalam rangka kerjasama. Selain itu,  kerja sama di fasilitasi oleh uni eropa, dimana kehadiran kunjungan walikkota ini merupakan kunjungan balasan yang dimana setelah Pemerintah Daerah (Pemda) Halut selama 2 minggu berkunjung di Gora Kalwaria polandia.

Dalam memperkenalkan wilayah Halut, Bupati Frans menyebutkan bahwa  Halut ini terdiri dari 17 kecamatan dengan jumalah penduduk 201.000 jiwa, masyarakat dilayani Pemda, dan  Pemda terdiri dari 32 sektor. 

“Dalam gedung yang besar ini terdirii dari 14 unit kerja yang berada dalam bangunan ini. Dari 32 bidang kerja itu ada bidang kesehatan, bidang pertanian, bidang pendidikan, bidang lingkungan hidup, bidang perdagangan, bidang perencanaan daerah serta bidang keuangan. Dengan 24.000 m², hampir 3000 m², 81% laut dan sisanya darat yang di bagian laut di dominan dengan nelayan dan di darat adalah pertanian,” jelas Bupati.

Sementara itu, Walikota Gora Kalwaria Polandia Mr Arkadiusz Strzyzewski memberikan apresiasi yang besar atas sambutan yang telah diberikan baik Bupati dan jajaran serta masyarakat. 

“kami sangat senang di kunjungan ini, pertama kalinya melakukan snorkling pertama kalinya melihat terumbu karang di dalam laut yang sangat bagus merupakan pengalaman yang tidak bisa dilupakan,” jelasnya.

Begitupun, Walikota Gora Kalwaria juga menuturka  bahwa kejadian pertama kali yang tidak kalah berkesan yakni dapat menyaksikan dan melaksankan tarian goyang tobelo bersama  penari anak-anak yang sangatlah indah. 

“Pemerintah Gora Polandia ini sebnarnya hadir disini untuk berbagi pengalaman mereka yang semula dulu tidak demokratis hingga menjadi seperti saat ini demokratis. Akan tetapi justru kami setelah berkunjung dan mengamati berbagai kegiatan kami banyak belajar di Tobelo ini seluruh masyarakat sangat bagus menyambut dengan antusias yang tinggi serta dengan senyuman, dan di lihat dengan jelas teryata disini bisa mengatasi suatu permasalahan dengan cepat dan bagus,” ucapnya.

Dijelaskannya, tanggung jawab utama sekarang pemerintah di Gora Kalwria bahwa disana untuk perbaikan jalan, serta untuk memenuhi kebutuhan air pada kehidupan penduduk pasokan air mengalir di perumahan, untuk pajak menjadi pendapatan paling utama di Gora Kalwria, hanya fokus pada hal yang umum, misalkan bidang pendidikan yang menjadi tanggung jawab pemerintah hanya sampai di paud saja. Untuk selanjutnya itu menjadi tanggung jawab pribadi-pribadi, untuk pembangunan jalan yang menjadi tanggung jawab pemerintah hanya di dalam kota saja untuk di luar perkotaan sudah tidak menjadi tanggung jawab pemerintah lagi

Setelah menyampaikan sambutan-sambutan, Walikota Gora Kalwria, dilakukan penyerahan plakat penghargaan oleh Bupati Halut. Selain itu juga dilakukan kunjungan ke
pasar baru Desa Wosia Kecamatan Tobelo Tengah dan juga bertolak dari pasar baru Desa Wosia Kecamatan Tobelo Tengah  menuju rumah makan Smorgan di Jln. Kawasan Pemerintahan Desa Mkcm Kecamatan Tobelo. Tak hanya itu, Walikota Gora Kalwria Polandia Mr Arkadiusz Strzyzewski beserta rombongan juga mengunjungi tempat wisata air Panas Desa Mamuya Kecamatan Galela Selatan. (Willy)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by