LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Babinsa Koramil Tobelo Komsos Bersama Warga Peternak Ayam Petelur

Selasa, 24 Agustus 2021 | 4:29 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 133

HALUT, Liputan-Malut.com – Babinsa Koramil 1508-01/Tobelo Koptu Alius Murip melaksanakan pemantauan wilayah Binaan sekaligus Komunikasi Sosial (Komsos) dengan peternak ayam petelur Petrus Luisan di Desa Leleoto Kecamatan Tobelo Selatan Kabupaten Halmahera Utara, Selasa (24/8/2021).

Koptu Alius Murip pada kegiatan komsos tersbut mengatakan, Babinsa Koramil Tobelo saat melaksanakan pemantauan wilayah binaan, menyempatkan diri untuk mampir ke tempat rumah Petrus Luisan yang merupakan peternak ayam petelur.

“kepada pemilik peternakan ayam petelur agar dapat memperhatikan faktor perawatan mulai dari pemberian pakan yang rutin hingga kebersihan kandang ayam selalu terjaga serta obat-obatan untuk kesehatan pada ayam agar terhindar dari penyakit,” ucapnya.

Ia juga menghimbau agar dapat menjaga khususnya kebersihan kandang ayamnya sehingga tidak menimbulkan bau busuk di sekitar kandang dan tidak mengganggu lingkungan masyarakat setempat, ujarnya.

“Sudah semestinya seorang Babinsa harus selalu ada di tengah-tengah warga binaannya, agar komunikasi dengan warga dapat terjalin dengan baik. Dan juga dapat memberikan motivasi dan ide-ide yang dapat memajukan usaha-usaha di wilayah binaanya, seperti usaha peternakan ayam petelur ini,” ucap Koptu Alius Murip.

Ditambahkannya, kami juga mengingatkan dan menghimbau agar pemilik senantiasa mengajak warga dan memberikan contoh dalam pengembangan ternak ayam, apalagi disaat pandemi seperti saat ini.

“Peternakan ayam seperti yang dilakukan Bapak Petrus sangat membantu perekonomian khususnya peternak dan masyarakat pada umumnya bisa mengkonsumsi telur untuk menjaga kesehatan,” terangnya.

Sementara pemilik peternakan ayam telur Petrus Luisan menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi seperti cuaca jika cuaca panas kadang ayam tidak bisa bertelur karena ayam tidak bisa di tempat yang panas, sehingga kadang harus di pasangkan kipas angin. Mengenai pakan dan vitamin harus dibeli dari Surabaya.

“dari 957 ekor ayam yang di miliki saat ini bisa menghasilkan kurang lebih 700 telur per hari dengan kebutuhan pakan dalam sehari sebanyak 2 karung atau 100 kg per hari. Saat ini lagi di bangun tambahan kandang untuk mengembangkan peternakan ayam petelurnya,” katanya. (WP)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer