LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Kisah Sukses, Babinsa Koramil 1508-02/Galela Kembangkan Budidaya Ikan Nila

Senin, 24 Januari 2022 | 5:31 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 394
Keramba ikan milik Serka Asmar (Foto WP Liputan Malut)

HALUT, Liputan-Malut.com – Seorang Bintara Pembina Desa yang berdinas di Koramil 1508-02/Galela memilih ikut membudidayakan ikan nila untuk membantu perekonomian keluarganya. Serka Asmar bersama masyarakat setempat membudidayakan ikan nila di Danau Duma – Galela Kabupaten Halmahera Utara, Senin (24/01/2022).

Serka Asmar saat ini memiliki
Keramba ikan nila dengan luas 3 x 3 meter, sebanyak 12 petak keramba. Dalam kesempatan tersebut juga memaparkan masa pemeliharaan budidaya ikan nila ini hingga bisa dipanen membutuhkan waktu 3 hingga 4 bulan. Dimana setiap hari nya membutuhkan pakan 20 Kg.

“Dalam melaksanakan budidaya ikan nila, harus dilakukan dengan kedisplinan. Terkadang dalam proses budidaya terjadi sesuatu hal di luar dugaan yang mengharuskan kami untuk berpikir kreatif menanggulangi hal tidak terduga tersebut,” ujarnya.

Oleh karena itu, agar sukses membudidayakan, pemilik keramba ikan sudah harus menguasai dengan baik teknik operasional serta sudah mengerti solusi yang terbaik saat hal-hal yang tidak diinginkan tiba-tiba terjadi.

“Semua itu bisa didapatkan dari berbagai informasi yang sangat aplikatif dalam menjalankan usaha,” ungkap Serka Asmar.

Dikatakannya, kunci sukses lain adalah dengan terus memperbaiki kualitas ternak sehingga hasil yang didapatkan semakin lebih baik.

“Kualitas tersebut dapat diperbaiki dengan menambahkan berbagai inovasi yang sudah terbukti berhasil dilakukan oleh orang lain dan mengikuti perkembangan zaman,” jelasnya.

Ia mengatakan, budi daya ikan nila mudah dilakukan. Jenis ikan tersebut sangat disukai masyarakat dari berbagai kalangan, karena selain rasanya lezat, juga mengandung omega tiga yang penting bagi kecerdasan otak.

“agar usaha seperti itu dapat menjadi contoh untuk masyarakat lainnya, khususnya warga yang belum memiliki perkerjaan dalam meningkatkan perekonomian pendapatan keluarga melalui usaha mandiri,” harapnya. (Willy)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by