LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Inovasi Pos Salimuli Satgas Yonarhanud 3/Yby Sulap buah Aren Jadi Komoditi Bernilai Ekonomi

Jumat, 3 Maret 2023 | 5:49 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 422

HALUT, Liputan-Malut.com – Pos Koki Salimuli Satgas Pamrahwan Yonarhanud 3/Yby memberikan contoh pengolahan buah aren menjadi kolang kaling kepada masyarakat desa Pelita kecamatan Galela Utara Kabupaten Halmahera Utara,  Rabu (01/03/2023).

Dansatgas Pamrahwan Yonarhanud 3/Yby Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han dalam keterangan tertulisnya kamis (02/03/2023) mengatakan, pembuatan kolang kaling dari pos Salimuli ini merupakan inovasi yang dapat di aplikasikan pada masyarakat dan mempunyai nilai ekonomi.

“Desa Pelita ini masyarakatnya mayoritas bekerja sebagai nelayan dan berkebun, banyak tanaman aren yang kurang dimanfaatkan buahnya sehingga satgas mempunyai inisiatif untuk mengolah buahnya menjadi kolang kaling. Disamping bisa menambah penghasilan keluarga juga meningkatkan gizi masyarakat,” Tutur Dansatgas Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han.

Ditempat terpisah, Danki SSK III Salimuli Lettu Arh Sumardiono, S.T.Han yang memiliki ide inovasi ini mengatakan, kegiatan sosialisasi pengolahan kolang kaling oleh satgas Yonarhanud 3/Yby dihadiri Kepala Dinas UKM/Koperasi dan jajaranya karena mendapat atensi dari Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Manarey, sosialisasi ini sangat inovatif karena memanfaatkan barang yang terbuang menjadi komoditi baru dan bernilai ekonomi bagi masyarakat.

“Kolang kaling sangat menyehatkan karena mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, mulai dari karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, hingga antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, dan saponin, bahkan gelatin dan mempunyai 5 Manfaat untuk kesehatan tubuh yaitu dapat melancarkan pencernaan, mengendalikan kadar gula darah, memelihara kesehatan jantung, Meredakan nyeri sendi dan Mencegah dehidrasi,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Halmahera Utara Alwi Tutupoho menyampaikan bahwasanya buah aren selama ini tidak dimanfaatkan masyarakat setempat karena belum tau cara mengolahnya, oleh karena itu Dinas UKM/Koperasi berterima kasih kepada satgas dapat mengolah buah aren ini menjadi sebuah produk sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat.

“sejauh ini di maluku utara tidak ada masyarakat yang mengolah buah ini menjadi kolang kaling yang bergizi tinggi dan bernilai ekonomi,” ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi ini selain dihadiri Kepala Dinas UKM/koperasi Kab. Halmahera Utara Alwi Tutupoho juga dihadiri Dansatgas Pamrahwan Yonarhanud 3/Yby Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han, Pasiops Satgas Letda Arh Tri Utomo Akbar, S.Tr. Han, Kepala Desa  Pelita Betty Lahete dan warga Desa Pelita. (Willy)

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.