LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Babinsa Koramil 1508-03/Kao Motivasi Warga Manfaatkan Lahan Kosong

Selasa, 15 Februari 2022 | 6:50 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 184
Babinsa bersama warga kelola lahan kosong tanam jagung (Foto WP Liputan Malut)

HALUT, Liputan-Malut.com – Babinsa Koramil 1508-03/Kao Sertu Giyatno serta 3 orang Babinsa yakni Sertu Teguh Ahmadi, Sertu Abdurauf Warhangan dan Serda Lukas Kalalo bersama Kelompok Tani Horimoi Jati Mandiri mengola lahan kosong dengan bertanam Jagung, hal ini di lakukan agar lahan masyarakat yang di biarkan kosong tersebut dapat menghasilkan dan membantu perekonomian masyarakat. Bertempat di Desa Jati Kecamatan Kao Kabupaten Halmahera Utara, Selasa (15/02/2022).

Babinsa Sertu Giyatno dalam kesempatan tersebut mengatakan, pemanfaatan lahan kosong ini sebagai upaya mengurangi tumbuhnya rumput liar yang merusak pemandangan, disamping itu dengan tanaman jagung pekarangan kosong ini jadi lebih indah dan bermanfaat.

“Tanaman jagung yang ditanam tidak serta merta akan tumbuh dan subur begitu saja, perlu adanya perawatan dan kepedulian kita terhadap tanaman itu sendiri, baik dari proses awal penanaman sampai nantinya masuk dalam proses panen,” pungkasnya.

Ketua kelompok Tani bapak Thomas mengatakan, berharap kolaborasi dalam pemanfaatan lahan kosong dengan Babinsa dapat terus berjalan, dan kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya.

“Saya berharap sinergi ini terus berlanjut, dan semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh kepada masyarakat lainnya tentang pemanfaatan lahan kosong,” tuturnya.

Saat ini lahan yang di siapkan sekitar 6 ha, namun yang sudah siap tanam baru sekitar 3 ha, katanya.

Sementara Danramil 1508-03/Kao Kapten Inf Abd. Muchsin mengatakan, bahwa jagung merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan juga hewan.

“Jagung termasuk salah satu tanaman pangan terpenting di Indonesia selain padi. Ada beberapa daerah di Indonesia yang yang memanfaatkan jagung sebagai makanan pokok dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Dandamil juga berpesan kepada warga tidak boleh kerumunan banyak orang, jika keluar rumah tetap selalu menggunakan masker dan atur jarak antara orang ke orang.

“kita tidak tau kapan wabah virus covid-19 ini menghilang. Oleh karena itu patuhi anjuran Pemerintah dan jangan takut untuk di vaksin, termasuk anak-anak yang sudah memenuhi syarat supaya di vaksin,” ujarnya. (Willy)

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer