LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Tindak Lanjut Arahan Kemenhub RI, ASDP Bersama Koorsatpel Gelar Rapat Bersama Unsur Terkait di Pelabuhan

Jumat, 30 Desember 2022 | 6:22 pm
Reporter: Ade Kaidati
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 537

TERNATE,Liputan-Malut.com Dalam rangka menindaklanjuti arahan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia terkait antisipasi cuaca extrim dalam keselamatan pelayaran dan penyebarangan dalam masa angkutan Nataru 2022/2023. Pihak Angkutan sungai danau dan penyebrangan PT.  ASDP Persero Cabang Ternate bersama Koorsatpel Balai Pengelolah Transportasi Darat Wilayah XXIV (BPTD) Provinsi Maluku Utara PP. Bastiong Ternate menggelar pertemuan bertempat di ruang rapat ASDP Jumat (30/12/2022).

Koorsatpel PP Bastiong Ternate. Fachry A. Radjiloen kepada Media ini mengatakan, pertemuan tersebut selain pihak ASDP bersama Koorsatpel PP Bastiong turut dihadiri juga Kapos Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara, PT. Jasaraharja Ternate, PT. Jasaraharja Putera Ternate, PT. ALP Ternate, PT. MGM Ternate, Danpos Polisi Pelabuhan Bastiong, dan para supervisor Bastiong dan Rum Tidore,” Jelas Fachry.

Lanjut Koorsatpel mengatakan, pertemuan yang dipimpin langsung oleh General Manager Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan PT. ASDP (Persero) Cabang Ternate Justan Gaffaru. terkait keselamatan pelayaran, baik di pelabuhan maupun kesiapan pemuatan diatas kapal hingga penyesuaian kondisi cuaca ketika kapal hendak bertolak dari pelabuhan,” Ujar Fachry.

Menurutnya, diantara aspek keselamatan pelayaran ada 3 hal yang menjadi perhatian utama yakni, setiap kapal yang hendak pemuatan maupun pembongkaran dari pelabuhan harus memperhatikan rampdoor atau pintu kapal ke dermaga dengan posisi baik dan benar, harus diperhatikan kondisi cuaca di pelabuhan sebelum pemuatan dimulai dan keberangkatan dilaksanankan, setiap tali kapal harus diperhatikan sebelum siap menurunkan rampdoor kapal untuk pemuatan maupun pembongkaran.

“Kami himbau kepada pengguna jasa terutama kendaraan angkutan barang agar jangan melebihi kapasitas muatan diatas kendaran Over Dimensi Over Loading (ODOL), dan terpenting juga bagi pengguna jasa penumpang perorangan harus mempertimbangkan keberangkatan, jika melihat cuaca tidak bersahabat alangkah baiknya jangan dipaksakan untuk menyeberang,” Harap Fachry mengakhiri. (Deka)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer