LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Upacara HUT Bhayangkara ke 74 Polres Halut Dilakukan Secara Virtual dan Penuh Hikmat

Kamis, 2 Juli 2020 | 10:15 am
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 748
Pemotongan tumpeng dilakukan Kapolres Halut pada HUT Bhayangkara ke 74 (Foto Willy Parton Liputan-Malut)

TOBELO, Liputan-Malut.com – Pelaksanaan peringatan HUT Bhayangkara ke 74 tahun 2020 di Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) berjalan lancar dan penuh hikmat.

Kegiatan peringatan HUT yang dilaksanakan Pkl 10.00 Wit melalui upacara secara virtual dengan yang bertindak sebagai irup yakni Presiden RI Joko Widodo ini, selain dihadiri Kapolres Halut, juga dihadiri Bupati dan Ketua DPRD Halut lembaga Dandim 1508/Tobelo, Kajari Halut, dan Ketua PN Tobelo, serta lembaga vertikal lainnya sebagai wujud sinergitas.

Dalam upacara peringatan Ke-74 Hari Bhayangkara Tahun 2020, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan dampak Pandemi Covid-19 telah memperlambat ekonomi dunia secara masif dan signifikan yang juga berdampak terhadap Indonesia, dimana saat ini pemerintah telah dan terus melakukan langkah – langkah cepat untuk mengantisipasi beberapa dampak ini.

“Dengan momentum rangkaian Hari Bhayangkara Ke-74 sungguh berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, hal ini karena semua masyarakat berada dalam kondisi keprihatinan akibat dari Pandemi Covid-19. Dampak yang ditimbulkan baik dari aspek Ekonomi maupun Keamanan perlu kita antisipasi dengan baik” harapnya.

Lanjutnya mengatakan, Polri telah mengimplementasikan berbagai kegiatan Bakti Sosial Serentak yang diluncurkan oleh Polri dalam satu wujud nyata kepedulian Polri terhadap masyarakat yang terdampak langsung dari Covid-19.

“Bantuan Sembako yang diberikan oleh Mabes Polri sebanyak 60.000 paket yang didistribusikan ke berbagai wilayah sampai dengan tingkat Polsek seluruh Indonesia secara serentak sebanyak 575.055 paket sembako, selain itu juga melakukan kegiatan Donor Darah dan Bedah Rumah dengan bekerja sama keterlibatan TNI-Polri,” ujarnya.

Presiden juga berharap agar selalu Jalin koordinasi dan kerjasama sinergis dengan TNI, Pemda dan Pemangku Kepentingan serta elemen Masyarakat baik secara Formal maupun Informal.

“Pedomani Seluruh Ketentuan dan Aturan Yang Berlaku serta Hindari Perbuatan Yang Dapat Merusak Kepercayaan Masyarakat terhadap Polri Karena Kita Bekerja Baik Saja Belum Tentu Dinilai Baik Oleh Masyarakat Apalagi Tidak Bekerja Baik Karena Itu Teruslah Berbuat Kebaikan,” harapnya.

Kapolres Halut AKBP Priyo Utomo Teguh Santoso SH,SIK,M. Si., dalam sambutannya mengatakan, Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang besar dan memiliki keanekaragaman flora dan fauna, bahan – bahan tambang yang bernilai tinggi serta kekayaan hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan dan kelautan dengan jumlah penduduk lebih dari 263 Juta Jiwa (terbesar ke empat didunia).

“Indonesia juga memiliki tenaga kerja usaha produktif dan masyarakat kelas menengah yang besar begitu juga dengan ekonomi indonesia terus berkembang menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia, dimana pada Tahun 2019 pertumbuhan ekonomi indonesia berada pada peringkat ke tiga tertinggi diantara Negara – Negara G20,” terangnya.

Kapolres juga mengatakan, Sejarah telah menunjukan bahwa dalam perjalanan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kita mampu mengatasi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri, dengan demikian dalam usia yang ke 74 Tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap Kokoh Berdiri.

“Peringatan Ulang Tahun Ke-74 Tahun Republik Indonesia menjadi momentum bagi kita untuk bersyukur, selain itu mengajarkan kita untuk berterima kasih kepada seluruh Pahlawan Kusuma Bangsa atas seluruh Perjuangan, Pengabdian dan Pengorbanan kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara,” ujarnya.

Pada era demokrasi harus bertumpu kepada upaya untuk meraih kepercayaan masyarakat selaku pemegang kekuasaan tertinggi Negara. Hal tersebut diwujudkan dengan Pengakan Supremasi Hukum dan Hak Asasi Manusia, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik serta Optimalisasi Pemeliharaan Kamtibmas.

Pemolisian di era demokrasi ini juga harus disertai dengan Akuntabilitas dan Transparansi dalam pelaksanaan tugas dan pengelolaan organisasi. Upaya tersebut dapat terselenggara secara optimal dengan dukungan kualitas SDM Polri yang unggul yaitu tersedianya personil polri yang memiliki Pengetahuan, Keterampilan, Integritas dan Moral serta memiliki Kesamaptaan Jasmani yang prima,” harap Kapolres.

Semntara, Bupati Halut Frans Manery dalam sambutan mengatakan, Sebagai Bhayangkara Negara, Polri telah berjuang dan eksist sampai menapaki usianya yang Ke-74 Tahun dihari ini, hal ini berarti bahwa Polri lebih matang dan berpengalaman dalam kiprahnya yang hebat, berani dan bijaksana dalam membangun nusa dan bangsa indonesia.

“Sebagai Kepala Daerah saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Polri khususnya Polres Halmahera Utara yang telah menunjukan kiprah bhayangkaranya sesuai peran, tugas dan fungsinya dalam pengayom dan pelayan masyarakat,” ujarnya.

Frans juga mengatakan, Peran dan eksistensi inilah yang menjadi kebanggaan bagi kita semua di daerah ini untuk terus dikembangkan dari waktu ke waktu dengan baik dan profesional. Dengan Tema Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif, maka Polres Halut kiranya semakin terus berperan dalam mewujudkan kamtibmas yang diharapkan.

Kamtibmas sebagai Tugas Pemda dapat kita padukan bersama sehingga tercipta suasana Trantib yang terpelihara dalam masyarakat, sebagai Bhayangkara Negara dapat terus mengawal keberadaan negara dengan tugas – tugas konstitusional yang harus ditegakan dan dijunjung tinggi, dalam konteks ini menghadapi Pilkada dengan berbagai tahapan yang segera berjalan dapat dilaksanakan dengan baik, lancar dan sukses,” harapnya.

Sementara untuk aspek kriminalitas, lanju Bupati, kerawanan dan anarkis dapat dicegah tangkal dengan penangan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Polres Halut dapat secara terus menerus mempererat koordinasi, sinergi dan silaturahmi dengan berbagai komponen instansi dan masyarakat.

“Saya menyampaikan Dirgahayu Polri Ke-74 Tahun semoga tetap Berkarya Dengan Penuh Semangat dan Enerjik,” katanya.

Setelah dilaksanakannya upacara, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Penyerahan Piagam Penghargaan Kampung Tangguh Nusantara kepada 6 kepala desa, dan pemotongan Tumpeng serra pembakaran lilin Kue Ulang Tahun dan diberikan kepada Personil NRP Tertua dan Termuda yang dilakukan Kapolres Halut didampingi sejumlah unsur forkopimda Halut. (Willy Parton)

Berita Lainnya

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by Velocity Developer