LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Poktan BIS Binaan NHM Panen Perdana Telur Ayam

Minggu, 28 November 2021 | 4:20 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 139
Bupati Halut pada kegiatan panen perdana (Foto WP Liputan Malut)

HALUT, Liputan-Malut.com – Kelompok Tani Bina Insani Sejahtera (BIS) Desa Gamlaha Kecamatan Kao Utara melaksanakan panen perdana telur ayam. Telur ayam broiler ini sendiri atas topangan dengan sumber dana bantuan dari Sosial Performance (SP) PT. Nusa Halmahera Mineral (PT. NHM). Selain melaksanakan panen perdana, kegiatan ini sekaligus dengan dilaksanakannya peresemian sumur air tanah dalam.

Kegiatan panen perdana telur ayam bantuan PT NHM ini dan juga juga Bantuan Sumur Air Tanah Dalam bantuan APBN tahun 2020 dihadiri langsung Bpati Halut Ir. Frans Manery didampingi Kepala Dinas Pertanian dan PT. NHM. Selain itu, juga dihadiri langsung Christina Lesnussa selaku Anggota DPRD Propinsi Maluku Utara dapil Halmahera Utara-Morotai yang membidangi Komisi II.

Dimana dalam Kegiatan itu Poktan BIS Kelompok Tani memberikan apresiasi yang besar terhadap PT.NHM atas bantuan pemberdayaan bagi Poktan BIS. Begitu juga terhadap Pemerintah Daerah (Pemda) Halut melalui Dinas Pertanian atas fasilitasi kebutuhan air bagi kelompok tani.

Selain itu, Ketua Poktan BIS sendiri menyebutkan bahwa kelompok tani saat ini telah mencapai 100 orang anggota dan bergerak di pertanian dan peternakan. Dimana di bidang pertanian Poktan BIS telah mengusahakan tanaman pangan berupa padi ladang, padi ketan (pulo), kacang tanah, jagung.

Bahkan untuk saat ini ada 496 ekor ayam yang telah diusahakan. Selain itu, juga kedepan perencanaan Poktan BIS yakni mengelola kotoran ternak menjadi pupuk organik yang nantinya akan dipergunakan bagi tanaman diusahakan.

Bupati Halut, Frans Manery, sangat mensuport kegiatan Poktan BIS yang telah nyata menunjukkan usahanya menggerakkan para petani untuk berkelompok dan bertani dan secara exist beberapa tahun ini dan menunjukkan produksi dari hasil pertaniannya. (Willy Parton)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer