LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Pimpin Apel Gelar Pasukan, Kapolda Ingatkan Personel Polri Jaga Netralitas Dalam Pengamanan PSU Halut

Jumat, 9 April 2021 | 10:24 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 140
Kapolda Malut mengecek kesiapan pasukan dalam pengamanan PSU Halut (Foto Humas Polri/WP Liputan-Malut)

HALUT, Liputan-Malut.com – Dalam menjamin keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Tahun 2020, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Maluku Utara (Malut) Irjen Pol. Risyapudin Nursin, S.I.K., memimpin langsung Apel Gelar Pasukan yang bertempat lapangan apel Mapolres Halut, Jumat, (09/04/2021).

Pelaksanaan Apel gelar pasukan ini terdiri dari 1 Peleton Personel Kodim 1508 Tobelo, 1 Peleton Kompi C 732 Banau, 1 Peleton Brimob Kupa-kupa, 1 Peleton Dalmas, 1 Peleton Dalmas kerangka Polres, 40 Personel PAM TPS, 1 Peleton Satpol PP, 10 Orang dari Dishub, dan 10 Orang Linmas, serta dihadiri oleh segenap unsur TNI-Polri, Pemda, KPUD dan Bawaslu Kabupaten Halut serta Instansi Terkait.

Kapolda Malut dalam arahannya menyampaikan bahwa apel gelar pasukan yang dilaksanakan ini untuk mengecek kelengkapan personel dan peralatan serta sarana prasarana lainnya yang akan digunakan dalam pengamanan pemungutan suara ulang (PSU) di Halut pada 28 April mendatang, nantinya sesuai dengan Jadwal dari KPUD Halut.

“Guna menjamin stabilitas Kamtibmas selama proses PSU, Polri siap mengamankan PSU mengedepankan tindakan Preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelejen maupun penegakan Hukum, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kontijensi,” Ucap Kapolda Malut.

Dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan ini kapolda menekankan kepada setiap Personel Polri untuk dipedomani dan dilaksanakan diantaranya yaitu, menyiapkan mental dan Fisik, memetakan setiap kerawanan serta lakukan deteksi dini, tingkatkan hubungan yang baik dengan KPUD, Bawaslu serta unsur lainnya, tingkatkan kewaspadaan terhadap Potensi ancaman yang memanfaatkan momen PSU, kemudian lakukan pengawasan serta pengendalian secara melekat terhadap pelaksanaan pengamanan pemilu dan tentunya selalu menerapkan Protokol Kesehatan karena mengingat situasi masih dalam Pandemi Covid-19.

“Kepada seluruh personel Polri, saya menekankan dan juga mengingatkan untuk menjaga Netralitas dalam pelaksanaan pengamanan PSU,” tegas Kapolda.

Tambahnya, “Marilah kita jadikan apel gelar pasukan ini untuk membangun kerjasama Polri bersama unsur stakeholder terkait dalam mensukseskan PSU yang jujur, Adil, Bebas dan Rahasia guna memilih pemimpin yang terbaik dan tidak KKN,” ajaknya.

Untuk di ketahui dalam pelaksanaan PSU ini kekuatan yang akan diturunkan yaitu Personel Dit Samapta Polda Malut dan Sat Brimob Polda Malut, serta kekuatan Linmas dengan pola 1 TPS, 10 Personel Polri, 1 Perwira pengendali, dan 2 Linmas, dan di samping itu akan di Backup satuan atas sebagai _power on hand_ Kapolres Halut dengan kekuatan 1 peleton Dalmas lanjut Dit Samapta dan 2 Peleton PHH Brimob dari kompi Kupa-kupa maupun kompi sofifi, serta di perkuat 1 Kompi TNI dari Kodim 1508/ Tobelo. (Willy Parton)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer