LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Kodim 1508/Tobelo Memeriahkan HUT Kodam XVI/Pattimura Dengan Menyantap Papeda Terbanyak

Minggu, 22 Mei 2022 | 8:15 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 132
Makan Popeda terbanyak yang  dilaksanakan di Halut (Foto WP Liputan Malut)

HALUT, Liputan-Malut.com – Dalam rangka memeriahkan HUT Kodam XVI/Pattimura ke-23 yang jatuh pada 15 Mei 2022 memecahkan Rekor MURI Papeda bungkus terbanyak 35.000 dan Papeda terbanyak 123 meter. Makan papeda terbanyak memecahkan rekor dunia Muri, terpusat di jembatan Merah Putih Kota Ambon dan tersebar di 11 Kodim jajaran Kodam XVI/Pattimura. Berkaitan dengan hal tersebut, Kodim 1508/Tobelo menggelar kegiatan menyantap Papeda (makanan khas masyarakat Maluku dan Maluku Utara) terbanyak.

Kegiatan dilaksanakan di depan kantor Pemkab Halut Jalan Kawasan Pemerintahan Desa MKCM Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, pada Minggu (22/05/2022) dengan
bertajuk “Papeda Merah-Putih” dan mengambil tema “dua puluh tiga tahun pengabdian Kodam XVI/Pattimura bertekad hadir membawa solusi sebagai Prajurit Pelindung dan Perekat Bangsa.
Di Halut kegiatan ini sangat antusias diikuti masyarakat dan anggota untuk memeriahkan HUT tersebut.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Halmahera Utara yang diwakili Kadispora Halmahera Utara Zakeus Manery, Dandim 1508/Tobelo yang diwakili Kasdim 1508/Tbl Mayor Inf Rusmin Nuryadin, Kajari Halut Agus Wirawan Eko Saputro, Kapolres Halut yang diwakili Wakapoles Halut Kompol Alwan Aufat, para Pimpinan OPD Pemkab Halut, para Perwira Kodim 1508/Tbl, para Perwira Polres Halut, Komandan Kompi 1 Bataliyon A Pelopor AKP Mahrus Munir, Dan Sub Den  POM XVI-I/I Tobelo Letda Cpm Habibie Phonan, personel TNI-Polri, ibu-ibu Persit, ibu-ibu Bhayangkari, para Panguyuban Halmahera Utara, Tomas, Toga, Todat dan masyarakat.

Sambutan Dandim 1508/Tobelo yang disampaikan oleh Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Rusmin Nuryadin Komandan Kodim 1508/Tobelo mengikuti langsung kegiatan di Ambon. Para Dansat seluruhnya kumpul di ambon untuk kegiatan seperti ini juga dan akan di lanjutkan Apel Dansat di Rindam XVI/Pattimura. Dimana di wilayah Makodim 1508/Tobelo pun melakukan hal yang sama dengan ikut memecahkan rekor makan Popeda bersama dalam rangka rekor muri yaitu Papeda bungkus terbanyak 35.000 dan Papeda terbanyak 123 meter. Yang terpusat di jembatan Merah Putih Kota Ambon dan tersebar di 11 Kodim jajaran Kodam XVI/Pattimura serta untuk Kodim 1508/Tobelo target 1.000 orang.

“Maksud dan tujuan kita berkumpul bersama yaitu kita melaksanakan rangkaian kegiatan HUT Kodam XVI/ Pattimura ke 23 dan kemarin kita sudah laksanakan banyak kegiatan dan di hari ini adalah puncaknya,” ujarnya.

Sementara sambutan Bupati Halmahera Utara yang diwakili Kadispora Halmahera Utara Zakeus Manery menyebutkan bahwa  kegiatan makan papeda yang menjadi rekor muri di tahun ini. Papeda terbuat dari tepung sagu yang merupakan makanan khas Maluku dan Maluku Utara dimana bisa dijadikan makanan pengganti nasi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan sagu sebagai makanan pokok pengganti nasi jadi lebih digemari masyarakat indonesia secara luas. (Willy)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer