LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Kapolres dan Wabup Halut Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Kie Raha 2023 Untuk Amankan Nataru

Kamis, 21 Desember 2023 | 6:15 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 434

HALUT, Liputan-Malut.com – Kapolres Halmahera Utara AKBP Moh Zulfikar Iskandar S.I.K bersama Wakil Bupati Halut  Muhlis Tapi Tapi Memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian terpusat Lilin Kie Raha Tahun 2023” dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun baru 2024  bertempat di Lapangan Apel Mapolres halut, Kamis (21/12/2023). Bertindak sebagai Komandan Apel Ipda Frangki Waisapy.

Kapolres Halut AKBP Moh Zulfikar Iskandar S.I.K saat membacakan amanat Kapolri  menyampaikan bahwa Apel gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun Sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun baru 2024 (NATARU) dapat berjalan dengan Optimal.

“Pengamanan Nataru Merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan Aman, Nyaman dan Lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden. Hal tersebut penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian Tradisi Masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya Mobilitas Masyarakat,” ucapnya.

Lanjut dikatakannya, potensi pergerakan Masyarakat Pada Natal 2023 dan tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 Juta Orang, meningkat sebesar 143.65 % atau  63,46 Juta Orang dibandingkan Tahun Sebelumnya. selain itu, perayaan Nataru tahun ini Juga Bertepatan dengan Masa Kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki Potensi Kerawanan yang lebih Tinggi.

“Pada Nataru Tahun ini, Polri dan Stakeholder Terkait telah memetakan Permasalahan Kamseltibcar Lantas dan Kamtibmas yang harus Diwaspadai. Pada Sisi Kamseltibcar Lantas, POLRI Bersama Stakeholder terkait telah Menerbitkan SKB yang memuat tentang pembatasan Operasional Angkutan Barang, Penerapan Rekayasa Lalu Lintas, pengendalian Arus Lalu Lintas Penyeberangan Laut dan Penundaan perjalanan,” jelas Kapolres.

Sementara khusus pada Lokasi dan Jalur menuju Objek Wisata Jangan sampai terjadi kemacetan, Sediakan kantong Parkir yang Memadai, Pengaturan Jalur keluar masuk, dan Pengaturan Lokasi Pedagang agar Masyarakat dapat berwisata dengan Nyaman. Dalam Rangka Mengantisipasi Kepadatan Penumpang pada Titik pelayanan Moda Transportasi Umum, Lakukan Pengaturan Jadwal Keberangkatan, dorong pembelian Tiket Secara Online, dan Pengaturan Arus keluar masuk bersama dengan stakeholder Terkait, Selanjutnya pada sisi Kamtibmas, untuk menjamin pelaksanaan Ibadah Natal berlangsung dengan Aman dan Khidmat, pastikan setiap lokasi Ibadah sudah disterilisasi dan Libatkan Ormas Ormas Keagamaan dalam kegiatan Pengamanan.

“Ancaman Terorisme juga menjadi tantangan yang Serius. untuk itu, Kedepenkan Deteksi Dini dan Preventive Strike untuk mencegah pelaku Teror Melancarkan aksinya, serta lakukan Penjagaan ketat pada pusat Keramaian Maupun tempat Ibadah. Pada Pengamanan Perayaan Malam Tahun baru, lakukan pengamanan pada setiap giat Keramaian dengan maksimal, terutama yang melibatkan Massa dalam jumlah besar,” ujarnya.

Selain itu, Dalam rangka mendukung kelancaran tugas Pengamanan Operasi Lilin 2023, Optimalkan fungsi command Center yang dilengkapi berbagai fitur modern yang Terintegrasi dengan CCTV di Lapangan, Lakukan penguatan Strategi komunikasi publik Melalui Berbagai saluran Komunikasi yang ada,

“hal yang paling penting adalah terus tingkatkan Sinergisitas dan Soliditas selama pelaksanaan tugas, karena hal tersebut merupakan Kunci utama Keberhasilan Operasi,” terangnya.

Sementara Wakil Bupati Halut Muhlis Tapi Tapi  menyampaikan bahwa merupakan wujut kerja sama yang baik dalam rangka memberikan pengamanan Natal dan Tahun Baru bagi kita semua yang ada di Halmahera Utara.

“Terima kasih banyak kepada TNI-POLRI dan Pemerintah daerah yang sangat peduli terhadap kenyamanan terhadap masyarakat dan saudara-saudara kita yang merayakan Natal, dan menyambut Tahun baru 1 januari 2024,” ucapnya. (Willy)

Berita Lainnya