LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Joksan Bernadus Medelu Terpilih Sebagai Ketua TKBM Pelabuhan Tobelo

Selasa, 8 Maret 2022 | 7:00 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 224
Rapat RAT dan Pemilihan Ketua (Foto WP Liputan Malut)

HALUT, Liputan-Malut.com – Koperasi Jasa Bongkar Muat Barang Pelabuhan Tobelo menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan Pendampingan Kepengurusan Koperasi tahun 2020-2021 yang dilaksanakan pada Selasa (08/03/2022) di ruang tunggu penumpang Pelabuhan Tobelo, Desa Rawa Jaya, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara.

Rapat yang dipimpinan
Kadis Infokom Halut Deky Tawary ini sendiri dihadiri Kadis Disnaker Jefri Hoata, Kadis Koperasi dan UKM Bapak Valentino Lewakabesi, Penasehat TKBM Kasi Lala Capt Asdiamani M.M.,M.Mar., dan Ketua TKBM Jordan Pangeti, serta anggota organisasi koperasi.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut dilakukan dengan penyampaian Tata tertib, penyampaian laporan Keuangan, penyampaian laporan Pengawas, pemilihan pengurus koperasi dan penandatanganan berita acara.

Laporan keuangan yang disampaikan Kepengurusan Koperasi Jasa Bongkar Muat Barang Pelabuhan Tobelo Jordan Pangety menyebutkan bahwa badan pengurus pengawas dalam Kepengurusan Koperasi Jasa Bongkar Muat Barang Pelabuhan Tobelo telah diberhentikan atas usul dan saran anggota sehingga untuk laporan pengawas tidak sampaikan. Sementara laporan keuangan tahun 2020-2021 tidak dibuat karena data-data yang belum lengkap, namun disarankan badan Pengurus akan mengumpulkan semua data, karena data harus ditelaah sebelum disampaikan ke bendahara.

“Laporan akan disampaikan pada
tahun berikut dimana akan merekrut data data atas laporan keuangan,” terang Jordan.

Usai penyampai laporan tersebut, sontak anggota koperasi kemudian menyampaikan kritikannya bahwa seluruh anggota berasumsi bahwa itu sudah tidak mungkin untuk dilaksanakan.

“Jika tidak ada data kenapa tidak ada proses pencarian data itu terlihat jelas bahwa ketua tidak dapat bekerja dengan baik. Untuk laporan keuangan apakah waktu yang diberikan satu tahun itu masih kurang, sehingga apa gunanya bendahara jika tidak dilaporkan maka dianggap kepengurusan ini dianggap cacat. Kami punya data yang lengkap, dimana kerja pada pengurus tidak punya data,” cecar salah satu anggota dalam rapat itu.

Ketua Sidang Deki Tawaris ketika memimpin rapat mengatakan bahwa berdasarkan apa yang disampaikan ketua terkiat dengan laporan keuangan dapat dikatakan bahwa pengurus yang lama membutuhkan waktu, dan kelihatannya ini sulit dibuat dikarenakan ada kelemahannya yang dilakukan, berdasarkan apa yang disampaikan dengan meminta waktu untuk penyelesiaan, namun sisi lain ada pesimis dari anggota.

Penasehat TKBM Kasi Lala Capt Asdiamani M.M.,M.Mar., berharap semua keputusan membawa Kepengurusan Koperasi Jasa Bongkar Muat Barang Pelabuhan Tobelo lebih Maju kedepan.

“Melihat jalannya rapat di saat ini terlihat jelas bahwa kepengurusan lama tidak siap dalam penyampaian apa yang semestinya disampaikan oleh badan pengurus, sehingga diharapkan tidak terulangi pada pengurus yang baru dan diharapkan setiap bulan berjalan dapat mempertanggungjawabkan laporan keuangan. Masalah keuangan Kami selaku penasehat memberikan pandangan bahwa ini sudah cukup fatal, jika Pemilihan yang akan dilaksanakan dan melahirkan pemimpin yang baru,” ucapnya.

Usai penyampaian laporan maupun tanggapan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tahapan Pemilihan Badan Kepengurusan yang baru
Rapat Pemilihan Ketua. Dimana jumlah anggota yang hadir dalam rapat anggota tahunan berdasarkan daftar hadir itulah yang diikutsertakan dalam pemilihan badan Kepengurusan yang baru. Bahkan proses Pemilihan badan pengurus yang baru berdasarkan voting Karena semua anggota mempunyai hak Untuk menyampaikan hak berdemokrasi. Selain itu, jumlah calon ketua yang disusun berdasarkan aklamasi dengan hasil aklamasi bagi caalon yang diikuti yakni
Buag dan Joksan. Pemilihan kemudian dilakukan dengan mekanisme voting
L berdasarkan absen untuk dicontreng pada papan yang sudah disediakan L dimana Joksan Bernadus Medelu memperoleh jumlah 174 dan Buang memperoleh jumlah 4 suara, sehingga
Joksan terpilih sebagai ketua badan pengurus yang baru. Sementara dalam pemilihan Sekertaris pada Badan kepengurusan yang baru didasarkan pada aklamasi semua anggota yang menerangkan bahwa Sekertaris jatuh pada Josri Bois dan Bendahara Badan pengurus yang baru yakni Bendahara 1 Meike Juliana Masuru dan Bendahara 2 Manto Duke. Selanjutnya Struktur Kepengurusan Organisasi Koperasi Jasa Bongkar Muat Barang Pelabuhan Tobelo yang baru diantaranya Ketua saudara Joksan Bernadus Medelu,
Sekertaris Yosnik Boy, Bendahara 1 Meike Juliana Masuru, dan Bendahara 2 Manto Duke.

Hasil Kesepakatan dalam rapat serta pembentukan badan kepengurusan didasarkan pada demokrasi dan hasil kesepakatan bersama semua unsur yang terlibat dalam rapat tersebut. Bahkan selama kegaitan berlangsung dikawal oleh pihak keamanan TNI-POLRI. (Willy)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer