LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Haji Robert Bantu Anak Ternate Penderita Spina Bifida Berobat ke RSCM Jakarta

Selasa, 21 Februari 2023 | 5:59 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 442

HALUT, Liputan-Malut.com  –  Seorang anak asal Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, yang berusia 1 tahun 9 bulan bernama Salsabilah Djafar saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta dan dukung oleh Program Haji Robert Peduli Kesehatan Masyarakat (HRP KesMas) yang merupakan program yang diinisiasi oleh Presiden Direktur PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM), Bapak Haji Robert Nitiyudo Wachjo untuk Masyarakat lingkar tambang perusahaan dan Masyarakat di wilayah lain di Provinsi Maluku Utara.

Menurut rilis yang di sampaikan Departemen Komunikasi PT. NHM, Selasa (21/02/2023), bahwa penanggung jawab Program HRP KesMas di Jakarta, dr. Olivia Novianty Loei baru saja mengunjungi pasien kecil ini untuk memastikan semua perawatan medis dan keperluan tinggal selama di Jakarta diterima sebagaiman seharusnya. Kunjungan dr. Olivia ini merupakan arahan Bapak Haji Robert agar seluruh orang sakit dari lingkar tambang perusahaan dan wilayah Maluku Utara lainnya yang sedang dirawat di Jakarta dibantu dengan baik.

Pasien balita asal Kota Ternate tersebut didiagnosa menderita “spina bifida” atau terganggunya pembentukan tabung saraf selama masih dalam kandungan ibunya dan menyebabkan celah pada ruas tulang belakang.

Pasien balita tersebut mengalami keluhan pada punggung bawah sisi tengah sejak lahir yang awalnya berukuran 3 cm x 3 cm, kemudian membesar menjadi sekitar 5 cm x 5 cm. Kaki kiri balita tersebut juga mengalami gangguan dimana kaki sebelah kiri tidak seaktif kaki sebelah kanan. Tahun lalu, pasien balita ini telah ditolong oleh Program HRP KesMas untuk operasi di RSCM Jakarta, kemudian meneruskan kontrol rutin di RSUD Hasan Boesarie di Kota Ternate. Sekarang, dia kembali ke RSCM Jakarta untuk melakukan kontrol lanjutan setelah satu tahun operasi.

Saat ini, pasien ini sedang menjalani pengobatan di Spesialis Bedah Saraf RSCM Jakarta dan juga kontrol ke poli Spesialis Bedah Saraf untuk konsultasi penangganan selanjutnya. Keluarga pasien mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Haji yang terus dan selalu membantu masyarakat lingkar tambang dan masyarakat lain di Maluku Utara.

Selain di Jakarta, banyak warga lingkar tambang dan wilayah lainnya di Halmahera Utara maupun di Maluku Utara yang mengalami sakit parah dan dari keluarga tidak mampu, dibantu oleh Program HRP KesMas. Mereka dirawat di RSUD Tobelo, Halmahera Utara, RSUD di Kota Ternate, dan juga ada yang dirawat di rumah sakit di Manado. Tim HRP KesMas di Halmahera Utara dan Ternate siap siaga untuk membantu orang-orang yang sakit parah dan tidak punya akses pelayanan Kesehatan, sesuai arahan Bapak Haji Robert. (Willy)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by