LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Gunung Api Dukono Erupsi, Kodim 1508/Tobelo Gelar Latihan Teknis dan Taktis Penanggulangan Bencana Alam

Selasa, 31 Agustus 2021 | 7:12 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 97

HALUT, Liputan-Malut.com – Dalam mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam di wilayahnya, Kodim 1508/Tobelo menggelar pembukaan kegiatan Latihan Teknis / Taktis penanggulangan bencana alam Tahun 2021, bertempat di aula Kodim 1508/Tobelo Jln. Kawasan Pemerintahan  Desa MKCM Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Selasa (31/08/2021).

Komandan Kodim 1508/Tobelo, Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra dalam sambutannya mengatakan, hari ini kita melaksanakan latihan teknis/ taktis penangulangan bencana alam, untuk materi yaitu bencana gunung maletus.
Pada Intinya apabila gunung Dukono meletus, apa tindakan kita sebagai seorang Babinsa dan nanti akan di jelaskan langsung sama pembawa materi.

“Sebagai Babinsa harus bisa berkordinasi sama Kades dan harus bisa mensoaialisasikan ke masyarakat apabila terjadi bencana alam. Apabila terjadi bencana alam, Babinsa harus dapat mengamankan masyarakat binaannya, untuk penyelamatan ke tempat yang aman,” katanya.

Dikatannya, seorang Babinsa harus mengetahui jalur evakuasi, sehingga apabila terjadi bencana alam, seorang Babinsa bisa menyelamatkan warga binaanya, berkumpul pada titik yang sudah di tentukan dan pada saat warga berada di tempat pengunsian harus ada yang sudah mendirikan tenda dan posko dalam pengungsian. Kita harus bisa mengetahui siapa berbuat apa, pada saat pada saat pelaksanaan dril taktis dilapangan.

“Mengharapkan kegiatan dilaksanakan dengan sunguh sungguh, agar apabila betul betul terjadi bencana dapat mengatasinya dengan baik,” ucap Dandim

Dandim juga menambahkan, , bahwa latihan ini guna untuk melatih Babinsa dan memberikan edukasi kepada masyarakat serta melatih kordinasi tugas dan tanggung jawab instansi terkait apabila sewaktu-waktu terjadi bencana.

“Kondisi alam yang mengakibatkan bencana tidak bisa kita prediksi kapan akan terjadi tetapi kita harus siap menanggulangi apabila terjadi. Diluar dari pada latihan ini mari kita himbau kepada seluruh masyarakat binaan agar selalu menjaga alam, maka alam akan jaga kita,” tegasnya

Dalam kegiatan tersebut diberikan beberapa materi dari BPBD, Dinkes Halut, BMKG, Dinsos dll.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra, Kasdim 1508/Tbl Mayor Inf Rusmin Nuryadin, para Perwira Staf Kodim 1508/Tbl, personel Babinsa Koramil jajaran Kodim 1508/Tbl. (Willy Parton)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer