LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

“Gosowong Bersyukur 2023” Bentuk Ucapan Syukur Pada Sang Pencipta Atas Keberhasilan Yang Dicapai PTNHM

Jumat, 3 Februari 2023 | 11:50 am
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 446

HALUT, Liputan-Malut.com – PT. Nusa Halmahera Mineral (PTNHM) di Gosowong menggelar “Gosowong Bersyukur 2023,” pada Kamis (02/02/2023), sebagai ungkapan rasa syukur kepada sang Pencipta atas keberhasilan yang sudah di capai selama ini.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Presiden Direktur (Presdir) PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM) Romo Haji Robert Nitiyudo Wachjo, Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, Kapolda Maluku Utara, Danrem 152/Babullah, Bupati Halut, Ketua DPRD Halut, unsur Forkopimda lainnya serta para petinggi PT Antam dan juga jajaran Direksi dan Management PT NHM dan para karyawan, serta para camat, Kepala Desa dan juga tokoh adat di lingkar tambang ini, menyuguhkan tarian cakalele sebagai bentuk pelestarian budaya di Maluku Utara.

Presdir PTNHM Romo Haji Robert Nitiyudo Wachjo dalam kegiatan itu mengatakan bahwa keberhasilan PT NHM, merupakan keterlibatan semua karyawan yang telah bekerja selama ini. Sehingga setelah selesainya masa kepemilikan saham new creast dan diambil alih, telah banyak perubahan yang dilakukan selama kurang lebih 3 tahun ini.

Presdir PT NHM juga menuturkan bahwa sejak dalam keinginannya untuk mengambil alih PT NHM sebelumnya, sangat mendapatkan respon yang baik baik dari Gubernur Malut dan Bupati Halut.

“Saya melihat Gubernur juga memberikan respon sangat baik. Dan banyak hal yang telah dilakukan juga mendapatkan dukungan dari para karyawan sehingga dapat berjalan hingga saat ini,” jelas Haji Robert.

Haji Robert menjelaskan bahwa sebelum berakhirnya masa kontrak yang dilakukan PTNHM dibawah kepemimpinannya telah melakukan upaya untuk mencari deposit mineral yang baru yang telah berjalan kurang lebih 3 tahun. Selain itu, dalam progres pelaksanaan pekerjaan pengeboran juga telah dilihat langsung salah satu ahli pertambangan yang bekerja di salah satu pertambangan terbesar dunia yang mengatakan juga bahwa deposit mineral yang ada di PT NHM sangatlah luar biasa dan masih akan bertahan hingga 20 tahun kedepan untuk dikelola.

“Sejak melakukan pengeboran mencari deposit mineral yang baru, banyak hal telah dilewati terkait dengan suka duka. Dimana dalam 2 tahun pengeboran sendiri, meski telah dilakukan pengeboran namun tak kunjung ditemukan deposit mineral secara khusus emas. Tetapi kemudian dalam upaya dan tekad serta dilakukan hati yang benar-benar bersih oleh orang yang supecayakan yakni bapak Muchlis dan rekan-rekan kemudian didapati deposit mineral yang sangat banyak yang dapat terus dihasilkan hingga 20 tahun kedepannya,” ungkapnya.

Haji Robert menambahkan bahwa sejak mengambil saham PT NHM dihadapkan dengan musibah Covid-19, namun semuanya dapat dilewati oleh karena rahmat dan anugerah allah. Namun meski demikian diterpa Covid 19 pada tahun 2020, PT NHM masih tetap mendapatkan keuntungan yang luar biasa.

“cobaan begitu besar namun saya berterima kasih terhadap dokter yang sudah bersama dalam menyelamatkan nyawa karyawan,” tuturnya.

Ditegaskannya, bahwa PT NHM masih akan terus menambang dengan hati dengan tetap menyentuh hingga ke seluruh masyarakat yang berada di lingkar tambang dengan terus membuka peluang kerja yang besar.

“Di wilayah lingkar tambang dan Maluku Utara pada umumnya, PTNHM telah berbuat banyak dan akan terus memberikan pertolongan terhadap masyarakat kurang mampu yang membutuhkan uluran tangan. Saya selaku pemilik PT NHM akan tetap menyayangi masyarakat terutama memberikan pelayanan terbaik, baik itu pelayanan orang sakit dan juga melakukan bedah rumah bagi keluarga kurang mampu,” ucapnya.

Begitupun, Frans Manery dalam sambutannya juga mengatakan bahwa Pemda Halut memberikan apresiasi, dikarenakan di hari kedua di bulan Februari, bersama-bersama keluarga besar PT NHM telah dilaksanakan kegiatan Gosowong Bersyukur.

Menurutnya semua harus bersyukur atas apapun yang terjadi, apalagi dengan terus dilakukan operasional untuk pengelolaan emas di Gosowong. Dikatakannya Halut memiliki 196 desa tersebar pada 17 kecamatan, yang dihuni 201 ribu jiwa.

“Halut cukup aman dan kondusifitas dan NHM berada di bagian selatan Halut. Perusahan ini sudah bergerak 20 tahun lebih, dan hari ini ada deposit emas yang cukup besar. Ini bisa terjadi karena anugerah dari Tuhan. Untuk itu selaku pimpinan di daerah saya imbau terutama khusus di 5 kecamatan untuk menjaga perusahan PT NHM, karena PTNHM adalah aset kita semua,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Abdul Gani Kasuba juga memberikan apresiasi yang besar terhadap PTNHM dibawah kepemimpinan Haji Robert, karena begitu yakin untuk terus berinvestasi di Gosowong PT NHM, meski telah disampaikan pihak New Creast bahwa emas di Gosowong sudah habis dan tidak ada deposit mineral. Namun dengan keyakinan Haji Robert kemudian tetap berupaya melanjutkan investasi dengan membeli saham di PTNHM.

“Ini merupakan sebuah langkah yang berani yang dilakukan Haji Robert, sehingga lewat upaya dan kerja yang dilakukan dengan hati, sehingga ditemukan deposit mineral yang sangat baik dan kan bertahan hingga 20 tahun kedepannya. Semoga apa yang dilakukan terus menberikan hasil yang besar dan terus memberikan dampak demi dan untuk kesejahteraan masyarakat,” ucapnya. (Willy)

Berita Lainnya