LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Bupati Halut Panen Raya Padi Sawah Mikongga dan Ciherang di Desa Margomulyo

Kamis, 25 Juni 2020 | 11:44 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 292
Bupati Halut panen raya padi sawah di kao barat (Foto Willy Parton Liputan-Malut)

TOBELO, Liputan-Malut.com – Bupati Ir Frans Manery melakukan Panen Raya Padi sawah musim tanam II, di Desa Margomulyo kecamatan Kao Barat, Kabupaten Halmahera Utara, Kamis (25/06/2020).

Dengan luas sawah yang dipanen yaitu 362 H serta dua varietas yang ditanam yaitu Mikongga, dan Ciherang, yang saat ini akan dipanen untuk mengetahui provitasnya.

Dalam sambutannya Bupati Halut Ir. Frans Manery mengucapkan terima kasih kepada kelompok tani yang sudah menanam padi hingga saat ini telah memasuki panen raya. Hingga ketersediaan pangan dalam hal ini padi bisa tetap terjaga. Apalagi saat ini masa pandemi covid 19.

Fakoim PPL-THL BPP Kao Barat Dinas Pertanian Halut yang membina petani yang ada di desa Margomulyo, memaparkan varietas Mikongga memiliki keunggulan tahan terhadap penyakit dan produktivitas tinggi dibanding dengan varietas lainnya.

“Varietas Mikongga merupakan padi beroduktivitas tertinggi dibanding yang lain untuk musim gaduh varietas ini bisa mencapai gabah 5-6 ton GKP (sampel/ubinan),” jelasnya.

Sementara koordinator BPP Philips Kouwe mengatakan, kondisi luasan yang minim tenaga tanam, berharap kedepan ada mesin transplanter guna membantu petani, dan lantai jemur serta akses komunikasi dan internet di Kao Barat guna mendorong suksesnya Kostratani Sebagai program Kementerian Pertanian.

Selanjutnya Bupati bersama forkopimda melakukan panen raya secara simbolis.

Turut menghadiri Forkopimda Halut, Pimpinan OPD Halut, kepala Dinas pertanian maluku utara, kepala BPTP Maluku Utara, kepala BPS Halmahera Utara, ketua HKTI Halmahera Utara dan camat kao barat serta para kepala desa se kao barat, para ketua kelompok tani se kao barat dan masyarakat petani margomulyo. (Willy Parton)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer