LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Aksi Kamanusiaan ERT PT NHM di Lumajang Jawa Timur Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Selasa, 28 Desember 2021 | 6:38 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 303
Aksi kemanusian ERT PT NHM di Lumajang (Foto WP/NHM Liputan Malut)

HALUT, Liputan-Malut.com – Tim Tanggap Darurat/ Emergency Response Team (ERT) PT Nusa Halmahera Minerals (PT NHM) yang berada di Jawa Timur sejak 8 Desember 2021 melakukan sejumlah aksi kemanusiaan untuk masyarakat di Kabupaten Lumajang, korban erupsi gunung Semeru. ERT PT NHM tersebut berada di Lumajang tergabung dalam Tim Siaga Bencana Kementerian Energi dan Sumber Daya Minerals (KESDM).

Menurut Manajer Komunikasi PT NHM, Ramdani Sirait, dari laporan ERT PTNHM di Lumajang, aksi kemanusiaan yang dilakukan adalah distribusi logistik kebutuhan masyarakat yang terdampak erupsi, pelayanan kesehatan bagi yang mengalami ganggung kesehatan, serta bersama-sama dengan tim lainnya melakukan pencarian korban yang tertimbun debu vulkanik akibat erupsi gunung semeru.

“Ini adalah darma bakti perusahaan tambang seperti kami untuk masyarakat yang membutuhkan. Kebetulan kami memiliki tim yang terlatih untuk membantu korban bencana seperti yang sedang terjadi di Lumajang saat ini,” kata Ramdani, Selasa (08/12/2021)

Tim ERT PTNHM tersebut diberangkatkan dari tambang emas Gosowong PT NHM di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara dan dilepas oleh Wakil Direktur/ Kepala Tekhnik Tambang PT NHM, Amiruddin Hasyim pada Selasa, 7 Desember 2021.

Tim ERT PT NHM terdiri dari rescuer, paramedis dan tim yang siap untuk mendukung penyaluran logistik bagi korban bencana. Dalam tugasnya, tim bekerjasama dengan seluruh tim dari perusahaan-perusahaan pertambangan di bawah koordinasi KESDM. Tim ERT PT NHM juga membawa sejumlah logistik yang sangat diperlukan oleh masyarakat korban bencana termasuk obat-obatan dan vitamin.

Menurut anggota ERT PT NHM yang berada di Kabupaten Lumajang, situasi di wilayah tersebut masih belum stabil mengingat erupsi susulan masih terjadi. Selain itu, besarnya volume abu dari erupsi tersebut membuat masyarakat harus pindah dari rumahnya akibat sudah tertimbun debu.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif saat mengunjungi Lumajang, Jawa Timur memberikan apresiasi kepada perwakilan seluruh perusahaan yang tergabung di bawah koordinasi Tim Siaga Bencana ESDM untuk aksi kemanusiaan bagi para korban erupsi gunung Semeru tersebut. (Willy Parton)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer