LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 1508-03/Kao Bantu Petani Panen Padi

Rabu, 16 Maret 2022 | 4:15 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 130

HALUT, Liputan-Malut.com – Dalam mewujudkan Ketahanan Pangan di wilayahnya, para Babinsa Koramil 1508-03/Kao Serka Wiher Bira bersama 5 orang rekan Babinsa senantiasa melakukan pendampingan kepada para Petani. Termasuk pada saat musim panen, para Babinsa juga selalu ikut membantu petani panen padi. Kali ini di lokasi lahan bapak Nurbuat seluas 1 Ha dengan hasil 3 Ton, Desa Makarti Kecamatan Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara, Rabu (16/03/2022).

Dengan penuh rasa semangat Babinsa juga menumbuhkan semangat tinggi terhadap para petani dalam melakukan panen padi, bukan hanya saat panen padi saja tetapi juga di saat penyemaian bibit padi, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai panen padi. Seperti saat ini yang sedang melaksanakan panen padi, sebagai wujud rasa kepedulian terhadap para petani.

Babinsa Serka Wiher Bira mengatakan,
kami selaku Babinsa di wilayah Kecamatan Kao Barat, hanya bisa menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam membantu petani, ketahanan pangan akan terwujud disertai sinergitas yang solid antara TNI-Rakyat.

Danramil 1508-03/Kao Kapten Inf Abd. Muchsin saat di konfirmasi mengatakan, dalam perkembangan zaman tehnologi pertanian seperti sekarang ini, dimana petani di desa binaannya itu tidak lagi memanen padi secara manual atau memotong pakai arit, karena membutuhkan waktu lebih lama dan biaya yang besar.

“Sekarang ini, sebagian besar petani panen padi sudah pakai mesin, sehingga lebih efisien dan hemat biaya. Tentunya ini sebuah solusi yang baik bagi para petani,” ujarnya.

“Para Babinsa akan selalu mendampingi para petani di wilayah binaan, mulai dari bercocok tanam sampai dengan masa panen, hal ini merupakan bentuk pendekatan emosional terhadap masyarakat binaan guna meningkatkan ketahanan pangan dan mensukseskan program Swasembada Pangan di wilayah,” sambungnya.

Sementara pemilik lahan bapak Nurbuat, mengucapkan terima kasih atas bantuan dan pendampingan dari Babinsa Koramil Kao. Ia mengakui kinerja Babinsa sejak pengolahan lahan hingga masuk masa panen selalu aktif dan berperan layaknya petani.

“Saya melihat kemampuan Babinsa ini meski hanya kegiatan pendampingan, namun menurut saya ini seperti menjadi tugas utama karena mau terjun langsung ke sawah bersama sama para petani untuk ikut serta memajukan petani dalam bidang pertanian,” imbuhnya. (Willy)

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer